Berbagi Informasi :

Saat edukasi kepada para pengunjung, dr. Jamal, Sp. PD menyampaikan tentang pentingnya pencegahan penyakit. Dalam kegiatan PKRS di RS Al Huda Penyakit Hepatitis A yang saat ini beritanya menghebohkan di salah satu kabupaten di Jatim, sebenarnya merupakan penyakit yang bisa dicegah. Salah satunya adalah dengan memberikan vaksin atau imunisasi yang bisa didapatkan di RS Al Huda.

Seperti yang disampaikan dr Jamal SpPD. “Hepatitis A” mengancam setiap orang. Dalam kondisi lelah fisik, kekebalan tubuh menurun ditambah makan sembarangan, risiko tertular hepatitis pun meningkat” ujarnya.

Dikatakan, “meskipun tidak mengakibatkan risiko kematian yang besar, namun penyakit yang memberikan gejala khas pada mata dan kulit kekuningan disertai rasa lemas dan mual ini, berisiko menimbulkan kejadian luar biasa atau outbreak. Seperti yang gencar diberitakan beberapa waktu lalu”.

Lebih lanjut Jamal menyampaikan, “Penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis A ini, penularannya melalui kontak dengan kotoran manusia yang terinfeksi. Bisa langsung ataupun melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Tidak heran bila penyakit ini endemis dan mudah menimbulkan kejadian luar biasa di daerah padat penduduk seperti lingkungan kost-kostan ataupun asrama dengan penghuninya yang penuh serta higienes sanitasi yang kurang.” ujarnya.

Dokter spesialis penyakit dalam yang setiap hari bertugas di RSAH ini, juga menyampaikan kiat untuk mencegah terjadinya outbreak Hepatitis A ini. “Pencegahan non spesifik, bisa dilakukan dengan langkah sederhana yang efektif yakni dengan membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang sesuatu. Selalu mencuci semua bahan makanan yang akan dikonsumsi. Dengan menjaga kebersihan terhadap diri pribadi dan lingkungan, merupakan upaya awal yang sangat penting dalam proses pencegahan dini terhadap risiko Hepatitis” tuturnya.

“Sedangkan pencegahan spesifik dengan cara vaksinasi. Pemberian vaksinasi yang bisa memberikan kekebalan seumur hidup ini, dianjurkan bagi anak anak dan bagi mereka yang tinggal di asrama atau pemondokan. Maupun bagi mereka yang akan berkunjung ke daerah endemis”, urai Jamal.

Bila ingin berkonsultasi lebih lanjut terkait terkait Hepatitis A atau B serta vaksinasi bisa datang langsung ke Poli Penyakit Dalam RS Al Huda sedangkan vaksin hepatitis A dan B bisa di dapatkan di apotek rawat jalan RS Al Huda,” pungkasnya

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.