Berbagi Informasi :

Edukasi mengenai hal-hal tabu terkait reproduksi, ataupun pengetahuan pasien terkait dengan penyakit menular seksual, memang dirasa masih kurang. Bertemu muka saat bertanya hal-hal tersebut membuat pasien malu. Oleh karena itu platform online dianggap sebagai hal yang bisa membantu mengatasi hal tersebut.

Platform online tersebut adalah HonestDoc, portal kesehatan yang mengklaim telah memiliki 20 juta pengguna aktif setiap bulannya. Mereka ingin meningkatkan  kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan informasi, produk, dan layanan yang mudah diakses oleh semua orang.

“Banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke fasilitas medis, terutama mereka yang tinggal di luar kota-kota besar. Selain itu, stigma tabu kerap membuat pasien dengan penyakit menular seksual kerap enggan memeriksakan diri atau mendapatkan pengobatan. Oleh karena itu, HonestDocs menyediakan platform percakapan online untuk tanya-jawab dengan dokter, sehingga pasien tidak perlu malu akan stigma negatif masyarakat,” ujar tim medis HonestDoc dalam keterangannya.

Pertanyaan-pertanyaan tabu terkait reproduksi atau penyakit menular seksual pun bisa ditanyakan di sini. Pasalnya pendidikan seksual dari usia dini adalah kunci penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan reproduksi masyarakat Indonesia.

“Kami sempat melakukan survei, 21 persen diantaranya mengaku melakukan seks setiap hari. Temuan ini cukup mengkhawatirkan, terutama karena seks yang dilakukan pada usia muda dan kurang bertanggung jawab dapat meningkatkan risiko kanker serviks, HIV/AIDS, atau penyakit menular seksual lainnya. Remaja yang sering melakukan seks tanpa proteksi juga meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan,” ujar pihak HonestDoc.

Penelitian HonestDoc ini melibatkan total 6.877 responden dari berbagai usia dan jenis kelamin. Responden penelitian terdiri dari proporsi responden wanita sebesar 54 persen dan pria sebesar 46 persen, dan dominasi usia di antara 18-34 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perilaku seksual masyarakat Indonesia, termasuk frekuensi hubungan intim dan masturbasi. (Sumber : viva)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.