Berbagi Informasi :

Sukoharjo – Sabtu, 10 Agustus 2019, bertempat di Auditorium Lt. 7 Rumah Sakit Indriati Solo Baru, mengadakan “Seminar AKU Anak Indonesia Sehat” yang merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Anak Nasional.

Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 –  12.00, dimulai dengan sesi materi pertama yang disampaikan oleh : dr. Pongki Suryotriwati, Sp.A. yang menyampaikan tentang pentingnya test prescreaning tumbuh kembang pada bayi dan anak, agar kelainan tumbuh kembang pada anak dapat dideteksi sejak dini, sehingga akan semakin mempermudah tindakan berikutnya, baik untuk orang tua dan tenaga kesehatan. Saat ini kebanyakan orang tua, kurang care/ peduli dengan kondisi awal anak mereka, sehingga mereka baru mengetahui jika anak-anak terlambat dalam tumbuh kembang saat sudah diatas 5 tahun, hal tersebut tentunya akan sangat mempersulit proses terapi dan perkembangan anak.

Senada dengan yang disampaikan oleh pemateri pertama, dr. Christiana H, Sp.KFR. yang melanjutkan materi tentang pentingnya stimulus dini pada tumbuh kembang, juga menyampaikan pentingnya peranan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak, sehingga tumbuh kembang anak bisa lebih optimal dan timbulnya rasa percaya, serta kedekatan antara anak dan orang tua.

Disamping itu, peranan ASI dalam perkembangan anak sangat penting, karena asupan nutrisi yang ada pada ASI tidak bisa tergantikan oleh susu atau makanan jenis lainnya. Anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka akan dapat terhindar dari gangguan tumbuh kembang, kata : dr. Lucy Endang, Sp.A.

Dalam sesi tersebut, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cab. Solo, juga menyampaikan pentingnya peran keluarga, orang terdekat dan terutama suami dalam mendukung ibu mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan memiliki kondisi fisik yang prima, sehingga kualitas ASI yang dihasilkan akan semakin berkualitas.

Acara tersebut mendapatkan sambutan yang cukup antusias dari para peserta, terbukti dari antusiasme peserta dalam bertanya dan diskusi /sharing seputar permasalahan yang dihadapi dalam mengurus anak. Kegiatan juga berjalan sangat lancar dan santai, karena pasangan ayah-ibu turut serta membawa anak-anak mereka dan kakek-neneknya, untuk mendapatkan ilmu dan memahami pentingnya tumbuh kembang pada anak.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pembagian Doorprize dan Hospital Tour, untuk lebih mengenalkan fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh Rumah Sakit Indriati Solo Baru kepada masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.