Berbagi Informasi :

*Oleh : Budiono, AMd.Gz.

Saluran pencernaan selalu bekerja setiap hari untuk memproses makanan dan minuman yang kita konsumsi. Organ pencernaan bekerja saat kita sedang makan, saat kita beraktivitas, bahkan saat kita tidur dan beristirahat. Itulah sebabnya, menjaga kesehatan organ pencernaan sangatlah penting dan yang harus kita pahami, bahwa kesehatan pencernaan sangat ditentukan oleh pola makan kita setiap hari.

Salah satu cara untuk menjaga pencernaan tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Agar tidak asal makan, Anda bisa menerapkan aturan makan berikut ini :

1. Konsumsi makanan berserat
Serat akan memperbaiki pergerakan usus dan membentuk konsistensi dan kepadatan tinja.Sebagian jenis serat juga merupakan prebiotik yang membantu bakteri baik di dalam usus untuk berkembang biak. Dalam sehari, sebaiknya Anda mengonsumsi sebanyak 25-38 gram serat. Serat bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah.

2. Hindari makanan olahan
Kebanyakan makanan olahan hanya mengandung sedikit zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa makanan olahan justru kaya akan garam dan gula. Bukan hanya itu saja, banyak makanan olahan yang bahkan mengandung bahan tambahan rasa, pengawet, dan pewarna.Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan dapat membahayakan kesehatan pencernaan Anda dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Sebaiknya pilihlah makanan alami yang tidak melalui proses memasak yang panjang.

3. Kurangi konsumsi lemak
Anda boleh mengonsumsi lemak baik seperti omega 3 dan omega 6 dalam jumlah yang cukup. Keduanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan otak. Sementara, Anda harus membatasi konsumsi lemak jenuh, sebab lemak jenis ini bisa menyebabkan saluran cerna tidak aktif dan dapat memperberat gangguan yang terjadi pada saluran cerna. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jahat di antaranya adalah gorengan dan makanan cepat saji.

4. Cukupi kebutuhan cairan
Air dapat melarutkan sebagian zat gizi, mempercepat makanan melalui saluran pencernaan dan melembutkan tinja. Dengan demikian, saluran pencernaan bisa bekerja lebih lancar.

5. Minum obat sesuai instruksi
Sebagian obat atau minuman herbal mempunyai efek samping terhadap saluran cerna. Sebaiknya minumlah obat sesuai dengan instruksinya. Pastikan Anda hanya mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.