Berbagi Informasi :

1. Novita Yuliani, S.KM, M.Kes

(Tim PMKP di RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo, Dosen  Tamu D3 Rekam Medis Universitas Duta Bangsa Surakarta, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo & STIKES Mitra Husada Kaaranganyar)

2. Sri Wahyuningsih Nugraheni, S.KM, M.Kes

(Dosen Universitas Duta Bangsa Surakarta)

Tenaga rekam medis masih sangat dibutuhkan di Indonesia dibuktikan dengan adanya kebutuhan tenaga rekam medis di rumah sakit, puskesmas atau di berbagai tempat pelayanan kesehatan yang masih tinggi. Tenaga rekam medis di rumah sakit minimal dengan pendidikan D3 rekam medis. Hal ini Sesuai dengan  Permenkes RI No 55 tahun 2013  tentang penyelenggaraan pekerjaan perekam medis.

Manajemen Pelayanan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah kegiatan menjaga, memelihara dan melayani rekam medis baik secara manual maupun elektronik sampai menyajikan informasi kesehatan di rumah sakit, praktik dokter klinik, asuransi kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dan lainnya yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan menjaga rekaman.

Quality assurance merupakan upaya menjaga mutu pelayanan yang ada di rumah sakit. Quality assurance bagi profesi perekam medis dan informasi kesehatan diantaranya adalah dengan menjaga kelengkapan dokumen rekam medis baik dilihat dari aspek analisis kualitatif maupun kuantitatif, menjaga kepuasan pasien, menjaga efisiensi mutu rumah sakit, dan menjaga keamanan pasien.

Kualitas atau mutu pelayanan dirumah sakit perlu diperhatikan dan terus ditingkatkan. Untuk mengukur indikator mutu pelayannan yang baik, maka rekam medis harus selalu berbenah terhadap kelengkapan dokumen pasiennya. Petugas rekam medis diantaranya harus melakukan : analisis kuantitatif  dan analisis kualitatif.

1. Analisis Kuantitatif

Merupakan telaah review bagian tertentu dari isi rekam medis dengan maksud menemukan kekurangan khusus yang berkaitan dengan pencatatan rekam medis. Review analisis kuantitatif ini terdiri dari: a) Review Identifikasi, b) Review Pelaporan, c) Review Autentifikasi, d) Review Pencatatan.

Hasil pelaksanaan analisis kuantitatif, maka berkas rekam medis bisa dikelompokkan menjadi 2 yaitu berkas rekam medis yang sudah lengkap (memenuhi semua aspek review diatas) dan berkas rekam medis yang masih belum lengkap. Berkas rekam medis yang sudah lengkap akan diserahkan ke bagian coding dan indexing, selanjutnya akan diteruskan ke bagian analyzing dan reporting, dan akhirnya disimpan oleh bagian filing.

2. Analisis Kualitatif 

Merupakan suatu review pengisian rekam medis yang berkaitan tentang ke konsistensian dan isinya merupakan bukti bahwa rekam medis tersebut akurat dan  lengkap.

Tujuan analisis kualitatif rekam medis adalah mendukung kualitas informasi, merupakan aktifitas dari risk management, membantu dalam kode penyakit dan  tindakan yang lebih spesifik, penelitian medis, studi administratif, dan untuk penagihan. Komponen analisis kualitatif rekam medis adalah:

  • Review kelengkapan dan kekonsistensian diagnose
  • Review kekonsistensian pencatatan diagnose
  • Review pencatatan hal-hal yang dilakukan saat perawatan dan pengobatan
  • Review adanya informed consent yg seharusnya ada
  • Review cara/ praktek pencatatan
  • Review hal-hal yang berpotensi menyebabkan tuntutan ganti rugi

Mutu dan kualitas di rumah sakit ditentukan dari pelayanan dan kelengkapan dokumen rekam medis yang lengkap. Sesuai dengan Permenkes No 269/ Menkes/Per/III/2008 bahwa dalam Bab II, pasal 2 yang menyatakan bahwa: rekam medis haarus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara elektronik. Artikel ini lebih jelas & detail bisa dibaca dalam sebuah buku yang sudah penulis tuangkan dengan judul buku “Quality Assurance Perekam Medis & Informasi Kesehatan”

DAFTAR PUSTAKA

  1. Rustiyanto, 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  2. DepKes RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Revisi II. Jakarta.
  3. Notoatmodjo, 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Repulik Indonesia Nomor 269/Menkes/Per/   III/2008 tentang Rekam Medis. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
  5. Sudra, Rano Indradi. 2010. Statistik Rumah Sakit. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  6. Ningsih dan Maya. 2016. Analisis Efisiensi Pengelolaan Tempat Tidur Rumah Sakit Berdasarkan Grafik Barber Johnson Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2015. Jurnal Media Ilmu Kesehatan. Vol 5. No. 3.
  7. (Onlinehttps://www.google.co.id/url?q=http://ejournal.stikesayaniyk.ac.id/index.php/mik diakses 10 Januari 2018).
  8. Prasetyo, Dwi Andi. 2013. Tinjauan kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta Bulan Maret Tahun 2013.Surakarta. Karya Tulis Ilmiah.
  9. Lestari, Puji Rini. 2017. Tinjauan trend pada indikator rawat inap menurut grafik  barber johnson pertriwulan di rumah sakit umum (RSU) Assalam Gemolong Sragen Tahun 2015-2016. Surakarta. Karya Tulis Ilmiah.
  10. Irmania, citrawati. 2014. Analisa kuantitatif dan kualitatif dokumen rekam medis rawat inap kasus gastroenteritis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu Periode Triwulan I Tahun 2014. Jurnal Udinus. http//.mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/13780.pdf
  11. Puspita, Maya dkk. 2015. Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKK/article/view/1567/1366  (Diakses pada 13 Januari 2018, pukul 18:00 WIB)
  12. Muninjaya. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
  13. Sabarguna, Boy. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto.
  14. Shofari, 2002. Pengelolaan Rekam Medis dan Dokumentasi Rekam Medis. Semarang : Pormiki. .

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.