Berbagi Informasi :

Jakarta – Cuaca panas menyengat dapat dirasakan beberapa hari belakangan ini. Suhu yang meningkat membuat risiko dehidrasi meningkat pula.

Saat cuaca panas mungkin olahraga adalah kegiatan yang paling dihindari. Selain khawatir akan risiko dehidrasi, beberapa orang merasa bingung dalam memilih jenis olahraga yang sesuai.

Namun, kamu tidak lerlu khawarir. dr Michael Triangto, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, punya solusi olahraga yang cocok untuk dilakukan saat cuaca panas.

“Berenang. Kalau di luar negeri mereka kan juga mengalami cuaca ekstrim. Nah, olahraganya gimana kalau lagi panas? Ya, mereka berenang,” tuturnya.

Menurut dr Michael, dengan berenang seseorang dapat tetap berolahraga namun tidak kehilangan banyak cairan. Suhu tubuh yang tinggi juga dapat diturunkan dari cairan sekitar yang terkena kulit.

“Sistem kerjanya sama seperti kompres,” jelasnya.

Selain olahraga berenang, olahraga di ruangan tertutup seperti di dalam hall juga dapat dilakukan. Menurut dr Michael, yang terpenting saat melakukan olahraga di suhu panas adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.