Berbagi Informasi :

Antisipasi persebaran virus Corona (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Klaten. Pemkab secara massal Senin (23/3/2020), menggerakkan relewan di 26 kecamatan hingga desa turun langsung menyemprotkan disinfektan diberbagai fasilitas umum.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut dengan penyemprotan disinfektan ini diharapkan seluruh tempat strategis dan tempat pelayanan umum terbebas dari virus covid 19 dan sampai Senin, 23 Maret 2020 belum ada warga Klaten yang terinfeksi virus corona dan hal tersebut harus dipertahankan dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“agar warga Klaten setiap selesai melakukan kegiatan di luar rumah membiasakan cuci tangan pakai sabun, sehingga virus corona bisa ditangkal,” pesannya.

Penyemprotan disinfektan, salah satunya di desa  Kalikebo kecamatan Trucuk. Puluhan relewan digerakkan oleh kepala desa (kades) Purwanto menyisir tempat strategis seperti gedung serbaguna, masjid, sekolah, gedung bidan desa dan balai desa disemprot disinfektan.

Menindaklanjuti instruksi Pemkab Klaten dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, Pemdes melakukan penyemprotan disinfektan dilaksanakan swadaya  dan cairan disinfektan racik sendiri atas petunjuk petugas ahli kesehatan dan bahan cairan itu mudah didapatkan di pertokoan.

“Penyemprotan ini sebagai salah satu langkah kewaspadaan dan menjalankan prosedur pencegahan yang dianjurkan oleh pemerintah kabupaten untuk mencegah masuknya virus Corona (Covid-19) di lingkungan desa ,” kata Purwanto.

Pemdes juga telah menyiapkan upaya lainnya dalam mencegah masuknya Covid-19, yakni menyediakan hand sanitizer  di setiap ruang pelayanan dan kerja di balai desa sebagai upaya edukasi bersih dan sehat.

Kegiatan peyomprotan disinfektan secara swadaya masyarakat ini pun mendapat tanggapan positif dari semua warga. “Saya sangat mendukung. Apalagi inikan kegiatan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona,”ujar salah satu warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.