Berbagi Informasi :

Belakangan ini penyebaran virus corona menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Informasi mengenai penyebaran virus menyebar luas dari mulut ke mulut dan juga dari berbagai postingan media sosial. Tak lupa berbagai arahan untuk mencegah penularan dan menjaga kesehatan juga banyak dilakukan berbagai pihak.

Salah satunya warga Semanten, Pacitan, pada Senin lalu pada tanggal 23 Maret 2020 yang mendapat arahan dari Dinas Kesehatan Pacitan dan Bekerjasama dengan Bapak Camat Pacitan Bersama Polres setempat. Arahannya agar mencuci tangan guna menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus corona.

Sosialisasi yang disampaikan Ibu Lilik sebagai Bidan di Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan  ini menjelaskan cuci tangan yang benar dan baik menurut WHO.

Sosialisasi yang dilakukan cukup sederhana, mengingat audien yang dituju merupakan warga desa yang masih awam mengenai cuci tangan yang benar. Sosialisasi dibuat semeriah dan menyenangkan.

Melalui tampilan-tampilan visual serta gambar-gambar yang menarik, warga diarahkan untuk mencuci tangan dengan 6 langkah.

Mulai dari menggosok telapak tangan, menggosok punggung tangan dan sela-sela jari menggunakan tangan kiri dan sebaliknya. Lalu menggosok sela jari tangan dari arah dalam keluar, saling mencuci jari tangan di bagian sisi dalam, menggosok ibu jari hingga menggosok ujung jari dan kuku di telapak tangan yang lain.

Setelah mendapat materi sosisalisasi tidak lupa di akhir warga setempat beserta bapak Camat diminta untuk mempraktikkan mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Tidak hanya itu, kegiatan dilanjutkan dengan membagikan handshoap dan handsanitaizer kepada masyarakat manten. Warga sangat antusias dengan  terselenggaranya acara ini. Dengan harapan wargapun mampu menerapkan di kegiatan sehari-hari.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri langsung Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr Hendra Purwaka. Menurutnya kegiatan ini merupakan arahan dari pusa guna memberikan edukasi untuk menjaga kesehatan diri.

*Koreponden : 1) DWINTA ROMADHONA, 2) AFIF RIZQON AFANDY, 3) ANGGA WIKAN WIDADA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.