Berbagi Informasi :

Sukoharjo, Maret 2020 – Saat ini berbagai negara di belahan dunia sedang dihebohkan dengan merebaknya wabah penyakit COVID-19 yang diakibatkan oleh virus bernama 2019 n-COV dan menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019 tepatnya pada bulan Desember dan diduga berasal dari sebuah seafood market di kota tersebut. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kelelawar dan ular adalah host atau inang dari virus ini.

Menanggapi kondisi darurat terkait meningkatnya persebaran virus corona secara signifikan di dunia termasuk di Indonesia dengan kasus positif sebanyak 893 (per Hari Kamis, 26 Maret 2020) serta memperhatikan pernyataan resmi dari WHO terkait pandemic COVID-19, PT. Kanaan Global Indonesia Sukoharjo mengambil langkah preventif demi meminimalisasi penyebaran virus corona. Langkah ini diambil guna menjaga kesehatan, keamanan, dan kenyamanan seluruh karyawan maupun tamu yang berkepentingan di perusahaan tersebut.

Upaya preventif yang dilakukan perusahaan antara lain dengan memasang papan informasi berisi bahaya corona dan pencegahannya, melakukan pengecekan suhu tubuh untuk setiap orang yang akan memasuki pabrik dan mewajibkan karyawan untuk mengenakan masker selama bekerja. Perusahaan memberikan masker secara gratis kepada seluruh karyawan.

Kebersihan lingkungan pabrik juga semakin ditingkatkan dengan melakukan berbagai langkah, seperti penyemprotan desinfektan di seluruh area pabrik secara berkala yaitu setiap pulang kerja, menyediakan sabun cuci tangan di setiap toilet, dan lain sebagainya. Selama jam istirahat, karyawan juga dilarang keluar dari area pabrik untuk mengurangi tingkat risiko tertular virus dari luar.

Adanya pembatasan tamu yang berkunjung ke perusahaan. Setiap tamu yang masuk wajib cek suhu tubuh dan  wajib menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk pencegahan virus corona di perusahaan. Perusahaan berharap peran aktif karyawan dalam pencegahan virus corona ini dapat membantu pemerintah dalam upaya pemberhentian rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

*Koresponden : 1) Hirsarismo Pertiwi H., 2) Indah Handayani, 3) Laras Arsima

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.