Berbagi Informasi :

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan NomorHK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan lnfeksi Novel Coronavirus (lnfeksi2019-ncov) Sebagai Penyakit yang dapat Menimbulkan Wabah dan UpayaPenanggulangannya, COVID-19 telah ditetapkan sebagai penyakit yangberpotensi wabah di Indonesia, sehingga perlu dilakukan langkah-langkahpenanggulangan termasuk aspek komunikasi penanganannya.

Empat pilar komunikasi publik terkait covid 19 yaitu :

  1. Himbauan masyarakat tetap tenang dan waspada
  2. Koordinasi dengan instansi terkait
  3. Pemberian akses informasi ke media
  4. Pengharusutamaan gerakan “cuci tangan pakai sabun (CTPS)”

Di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bulu kabupaten Sukoharjo melakukan  kegiatan promotif dan preventif adapun pelaksanannya dengan melakukan koordinasi dengan  lintas sektoral dengan melakukan penyemprotan tempat – tempat umum, penyebaran infrormasi terkait dengan virus corona /covid 19, serta kami sebagai tenaga medis di grada terdepan dalam pemberi pelayanan kesehatan kami menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), setrelisasi tempat pelayanan kesehatan setelah selesai pelayanan.

Indonesia saat ini sedang dilanda krisis kesehatan COVID 19 yang mungkin akan mempengaruhi sektor ekonomi dan sosial jika pemerintah terlambat dan keliru dalam kebijakan dan penanganannya.  Presiden Jokowi dan seluruh jajaran pemerintah Indonesia perlu segera melakukan pendekatan Negara Hadir. Pendekatan Negara hadir tidak lain ditandai oleh 3 hal: Kecukupan, Kecepatan dan Ketepatan tindakan dan kebijakan. UPTD Puskesmas Bulu bekerjasama dengan BABINSA dan Polsek setempat untuk melalukan kegiatan promotive dan prefentif dengan upaya memberikan edukasi melalui media dalam mengantisipasi mewabahnya Virus Corona di wilayah Kecamatan Bulu dengan langsung turun ke lokasi-lokasi keramaian yang sering dikunjungi masyarakat dengan melakukan sosialisasi   pencegahan penyebaran Virus Corona serta penyemprotan dengan cairan desinfektan. Anggota Babinsa yang ada di desa-desa bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan Instansi Terkait melakukan penyemprotan sehingga harapan kita masyarakat tidak ada yang terkena Virus Corona. Himbau untuk masyarakat Bulu agar mengikuti arahan-arahan pemerintah terkait sosial distancing atau larangan-larangan bepergian ke tempat-tempat keramaian, jaga jarak bila bertemu, jangan bersentuhan, cuci tangan pakai sabun dan gunakan masker bagi yang sakit untuk waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah sampai dengan situasi kembali normal.

*Koresponden : 1) Aprilia Christi Anggrahini, 2) Yohana Fide Oktavi, 3) Arum Chandra Saputri, 4) Riska Hesy Retno Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.