Berbagi Informasi :

Sebenarnya Indonesia telah melakukan upaya-upaya untuk pengembangan kesehatan berbasis teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi berbasis teknologi yang diciptakan langsung oleh orang Indonesia. Berdasarkan pemaparan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Indonesia telah berhasil menempati peringkat ke-46 dalam kemajuan teknologinya pada tahun 2012.

Dari tingkat institusi pendidikan saja, ada contoh pelajar yang sudah bisa mengembangkan inovasi teknologi untuk pembangunan kesehatan. Tiga mahasiswa Teknik Elektro ITB mendesain sebuah alat yang dapat mengirimkan sinyal otak untuk menggerakan sebuah robot tangan. Alat ini dirancang untuk membantu penderita penyakit stroke yang tidak mampu menggerakkan jaringan tubuhnya. Penelitian tugas akhir yang diberi judul ‘Brain Computer Interface sebagai Pengendali Robot Tangan’ atau BCI ini dirancang agar dapat digunakan untuk sarana komunikasi bagi penderita lumpuh total dan untuk keperluan rehabilitasi. Inovasi-inovasi seperti diharapkan dapat mendorong pelaku usaha di bidang industri kesehatan untuk menghasilkan peralatan kesehatan yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan peralatan sejenis dari luar negeri.

Di luar inovasi teknologi yang dapat langsung digunakan untuk merawat/mengobati pasien, Indonesia juga telah melakukan beberapa pengembangan teknologi untuk memajukan sistem pelayanan kesehatan. Contohnya saja, e-Health, layanan elektronik untuk membenahi sistem kesehatan nasional. E-health merupakan solusi enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan berbagai pihak, mulai dari masyarakat luas, rumah sakit, Puskesmas, Perguruan Tinggi, hingga produsen obat dan industri farmasi.

Selain itu juga ada Proses Digital Medical Records (DMR) atau rekam medis elektronik yang merupakan segmen fundamental dari e-Health, karena DMR memberikan fasilitas pertukaran data antar lembaga kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, perguruan tinggi, perseorangan dan lain-lain.

Adanya E-health dapat membantu mengurangi kesalahan interpretasi data, penyajian yang variatif, mempercepat pembuatan keputusan, dan membantu analisis data. Aplikasi e-Health melahirkan lompatan yang luar biasa dalam sektor kesehatan seperti Surveilans Epidemiologi, Telemedicines, Prescribing dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kesehatan.

Pada akhirnya, ada banyak aspek yang harus ditangani dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan terutama peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui upaya prefentif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Inovasi teknologi menjadi salah satu ujung tombak untuk pembangunan ini, sehingga diharapkan para peneliti Indonesia dapat menghasilkan produk-produk yang bisa memberikan manfaat baik dari segi pengembangan obat, teknologi kesehatan, dan sistem pengelolaan pelayanan kesehatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.