Berbagi Informasi :

Sebuah studi mendapati, vitamin D yang tinggi dalam tubuh dikaitkan dengan rendahnya paparan dan keparahan Covid-19.

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat mencegah dan melawan virus corona penyebab Covid-19 pada masa pandemi. Kebutuhan harian vitamin D sangat diperlukan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Namun benarkah asupan vitamin D bisa membantu menurunkan risiko keparahan infeksi virus corona?

Beberapa tahun lalu, dokter pernapasan dari Queen Mary University of London Adrian Martineau, dan rekannya menguji pengaruh pemberian suplemen vitamin D pada risiko tertular infeksi saluran pernapasan akut seperti influenza. Analisa dilakukan kepada 11 ribu peserta dalam 25 uji coba. Hasilnya, mereka memutuskan bahwa mengonsumsi vitamin D dengan dosis harian atau mingguan dapat melindungi dari infeksi saluran pernapasan. Selain itu konsumsi vitamin ini terbukti aman.

Kemudian, seorang internis dan ekonom di University of Chicago David Meltzer memutuskan untuk melihat potensi korelasi antara pemberian suplemen vitamin D dengan Covid-19.

Pasalnya, ia mendapatkan sejumlah alasan untuk melakukan analisa itu. Misalnya, kelompok yang memiliki vitamin D rendah, seperti orang Afrika-Amerika (yang cenderung memiliki kulit lebih gelap di mana kadar melanin yang lebih tinggi membatasi sinar UV untuk memicu produksi vitamin D) dan orang lanjut usia, sangat terpukul oleh penyakit tersebut.

Selain itu, Meltzer dan rekan-rekannya memeriksa catatan medis orang-orang yang telah dites Covid-19 di Chicago pada periode 3 Maret dan 10 April. Mereka mengukur hubungan antara kadar vitamin D dalam satu tahun terakhir dan hasil tes positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.