Berbagi Informasi :

Universitas Veteran Bangun Nusantara menggelar sumpah profesi ahli madya lulusan Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Acara digelar sesuai Prokes secara Luring dan Daring berpusat di Gedung H pada Sabtu 28/11/2020.

Ketua Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Fahmi Hakam disela acara menjelaskan, Sumpah profesi setelah mendapat Surat Tanda Registrasi (STR) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) sebagai syarat untuk dapat bekerja mengaplikasikan seluruh ilmu yang didapat setelah menjalani masa kuliah. “Ini merupakan rangkaian setelah mereka di wisuda beberapa waktu lalu. Setelah ucap janji, atau sumpah profesi, mereka sudah sah dinyatakan sebagai tenaga kesehatan dan sudah dapat bekerja”, terang Fahmi.

Sedikitnya ada 7 lulusan Diploma III/vokasi dari Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang mengikuti sumpah profesi. Mereka merupakan lulusan angkatan pertama sejak prodi tersebut dibuka sesuai ijin penyelenggaraan dari Kementerian Ristek Dikti, melalui SK No. 268/ KPT/ 1/ 2017. “Lulusan dari rekam medis bisa bekerja menjadi praktisi rekam medis rumah sakit, puskesmas, klinik, verifikator klaim asuransi, Dinas kesehatan, BPJS, Manajer data /informasi kesehatan, Mitra vendor system informasi, surveyor penelitian kesehatan dan yang lainnya,” ujarnya.

Dekan FKM Titik Haryanti, SKM., MPH dalam sambutan menerangkan sumpah profesi salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Selain itu sumpah profesi memiliki tanggung jawab yang besar salah satunya dengan pasien terkait dengan data pasien. Oleh karena itu  sumpah profesi sangat penting dan disyaratkan bagi tenaga kesehatan. Lebih lanjut, pihaknya berpesan kepada para lulusan pertama dari Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan jangan berkecil hati karena jumlah lulusan hanya tujuh mahasiswa.  Tetapi tetap yakin mempunyai bekal keilmuan maupun soft skill yang didapatkan selama bekerja.

Sementara itu, Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP usai pengambilan sumpah profesi mengatakan Univet Bantara Sukoharjo tahun ini meluluskan mahasiswa Ahli Madya Rekam Medis dan Informasi Kesehatan angkatkan pertama diibaratkan sebagai anak mbarep. Hal ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kualitas dari program studi. Kemudian, Prof. Dr. Ir. Ali Mursyid WM. M.P., menambahkan pengambilan sumpah profesi ini merupakan hal yang sangat membahagiakan karena lulusan Univet Bantara sekarang sudah bergabung menjadi anggota PORMIKI.

Di tempat yang sama, Ketua YPPP Veteran, Drs. Bambang Margono, M.M., menuturkan para lulusan setelah diambil sumpah ini diharapkan ilmu yang sudah diterima dibangku kuliah bisa dikembangkan lagi dan pihaknya selaku ketua Yayasan bertekad meningkatkan kualitas yang ada di Univet lebih baik lagi.

Mengingat masa pandemi, pengambilan sumpah profesi ahli madya dilakukan oleh Ketua DPD Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI) Jateng, Roni Rahman dengan disaksikan undangan terbatas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.