Berbagi Informasi :

Terapi plasma darah konvalesen terus menjadi salah satu opsi pemulihan pasien Covid-19. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 15 ribu penyintas Covid-19 yang telah mendonorkan plasmanya.

“Total seluruhnya kurang lebih 15 ribu pendonor yang sudah mendonorkan plasmanya,” ujar Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, dr Linda Lukitasari Waseso dalam sesi talkshow daring, Senin (1/3).

Keberadaan belasan ribu pendonor ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan plasma untuk pasien Covid-19.

Hingga 28 Februari 2021, PMI sendiri mencatat telah mengirimkan sekitar 21.130 kantung plasma ke seluruh Indonesia.

“Memenuhi [kebutuhan plasma]. Sampai saat ini, ketersediaan plasma yang ada di kami masih bisa memenuhi kebutuhan di rumah sakit,” ujar Linda.

Permintaan plasma per hari sendiri akan berbeda dari hari ke hari. Namun, jika dihitung rata-rata, PMI umumnya mampu memenuhi kebutuhan 50-80 kantung plasma per hari.

readyviewed Terapi plasma darah sendiri merupakan salah satu opsi pengobatan untuk infeksi virus corona penyebab Covid-19. Studi terbatas menunjukkan terapi plasma dapat membantu pemulihan pasien Covid-19 dengan kondisi tertentu.

Terapi ini memanfaatkan antibodi yang terdapat dalam plasma darah. Antibodi ini diambil dari pasien yang sudah sembuh dari Covid-19, lalu disuntikkan ke tubuh orang yang masih terinfeksi Covid-19.

Dengan antibodi yang sudah terbentuk dari pendonor, tubuh pasien yang masih terinfeksi dapat melawan virus corona.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.