Berbagi Informasi :

Terapi air dingin menjadi salah satu metode pemulihan tubuh. Metode ini disebut juga sebagai cryotherapy.

Pada dasarnya, cryotherapy berarti teknik di mana tubuh terpapar suhu yang sangat rendah atau dingin selama beberapa menit. Kompres es menjadi salah satu jenis cryotherapy lokal yang biasa dilakukan banyak orang.

Namun, ada pula cryotherapy yang dilakukan dengan membenamkan hampir seluruh tubuh ke dalam udara dingin selama beberapa menit.

Satu sesi cryotherapy memberikan sejumlah manfaat jika dilakukan secara teratur. Orang umumnya melakukan terapi ini sekali dalam sebulan.

Berikut manfaat terapi air dingin, mengutip berbagai sumber.

1. Mengurangi gejala migrain

Cryotherapy membantu mendinginkan saraf di area leher untuk mengatasi migrain. Mengutip Healthline, studi menemukan, menerapkan dua kantung es batu ke arteri karotis di leher secara signifikan mengurangi migrain.

2. Mengurangi iritasi saraf

Rasa dingin dapat membuat saraf yang teriritasi atau terluka mati rasa. Karena manfaat itu lah, banyak atlet menggunakan cryotherapy untuk mengobati cedera.

Cara ini dipercaya dapat membantu mengobati saraf terjepit, nyeri kronis, atau bahkan cedera akut.

3. Mengatasi gangguan mood

Temperatur yang sangat dingin pada seluruh tubuh dapat menimbulkan respons hormonal fisiologis, termasuk pelepasan adrenalin, nonadrenalin, dan endorfin.

Cara ini dapat memberikan efek positif pada orang dengan gangguan mood seperti kecemasan dan depresi. Studi menemukan, cryotherapy efektif dalam pengobatan jangka pendek kedua gangguan tersebut.

4. Mengobati dermatitis atopik dan masalah kulit lainnya

Cryotherapy mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sekaligus mengurangi peradangan, sebagaimana yang terjadi pada pasien dermatitis atopik.

Studi lain pada tikus menemukan manfaat cryotherapy terhadap jerawat dengan menargetkan kelenjar sebaceous atau minyak.

5. Mengurangi nyeri rematik dan nyeri otot lainnya

Studi menemukan, cryotherapy seluruh tubuh secara signifikan mengurangi rasa sakit pada orang dengan arthritis. Cara ini membuat program penyembuhan keseluruhan menjadi lebih efektif.

Mengutip Medical News Today, studi lain menemukan manfaat cryotherapy untuk meredakan nyeri otot dan mempercepat penyembuhan.

Aturan dan Efek Samping Terapi Air Dingin

Umumnya, cryotherapy dilakukan dengan duduk di dalam sebuah mesin cryotherapy selama 2-4 menit. Cryotherapy disarankan dilakukan tidak lebih dari 4 menit.

Beberapa orang menerapkan facial cryotherapy, seperti menerapkan dingin ke permukaan kulit seperti kompres es.

Umumnya, terapi ini aman untuk dilakukan. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan cryotherapy.

Ibu hamil, anak-anak, orang dengan tekanan darah tinggi, dan masalah jantung disarankan untuk tidak melakukan cryotherapy.

One thought on “Manfaat Terapi Air Dingin: Atasi Migrain hingga Kecemasan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.