Berbagi Informasi :

Solo, Sukoharjo – Sabtu, 27 Maret 2021 Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Bangun Nusantara (Univet Bantara) kembali menyelenggarakan Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Profesi Rekam Medis.

Try out ini diselenggarakan atas kerja sama antara Asosisasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI) dengan Prodi RMIK Univet Bantara. Aturan teknis terkait pelaksanaan UKOM mahasiswa bidang kesehatan memang sudah diatur dalam Permenristekdikti RI No.12 Tahun 2016 sebagai turunan dari UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. Oleh karena itu, APTIRMIKI menyelenggarakan Try Out UKOM tahun 2021 ini sebagai salah satu persiapan mengikuti UKOM Nasional melalui skema exit exam.

Try Out UKOM dilaksanakan dengan System Computer Based Test (CBT) dengan jumlah 180 butir soal dalam 180 menit. Prodi RMIK Univet Bantara melaksanakan Try Out UKOM di Laboratorium Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium komputer Universitas, dengan jumlah peserta mencapai 30 orang yang meliputi 22 mahasiswa semester VI, 6 alumni dan 2 peserta dari luar institusi.

Hari Sebelumnya, Pada H-1 pelaksanaan kegiatan yaitu pasa Jum’at 26 Maret 2021 pukul 13.00 WIB – selesai, para peserta TOUKOM diberikan pembekalan terkait apa saja yang harus disiapkan dan dipatuhi selama pelaksanaan kegiatan TOUKOM via zoom meeting, terutama berkaitan alur prosedur kedatangan peserta ke lokasi TO UKOM serta kewajiban peserta menggunakan  masker, faceshield dan handscoon. Pembekalan ini dilaksanakan oleh Program Studi, yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Panitia (Arifatun Nisaa, SKM., M.P.H)

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Panitia bahwa tahun ini Try Out UKOM yang dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun Nusantara hanya 1 sesi  yaitu hari sabtu 27 Maret 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Tempat pelaksanaan TOUKOM dibagi menjadi 3 ruang ujian untuk tetap menjaga protokol kesehatan peserta dan pengawas.

Setiap ruang ujian hanya diisi 50% dari total kapasitas Ruangan dan tempat duduk yang sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia agar tetap menjaga protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak antar peserta selama pelaksanaan kegiatan.

 “Kegiatan ini berjalan lancar karena dalam pelaksanaan Try Out UKOM ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Mahasiswa sangat antusias, Fakultas juga memfasilitasi kami dengan baik, Kaprodi, Seluruh Dosen dan Tendik RMIK juga sangat support. Jadi, tujuan kami untuk menyediakan lulusan siap bersaing di dunia kerja”, jelas Panitia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.