Berbagi Informasi :

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) berjalan lambat. Ia mengatakan, hingga saat ini, jumlah lansia yang sudah disuntik vaksin Covid-19 ada 1,5 juta dari total target sebesar 21,6 juta. “Proses percepatan vaksinasi pada lansia pada tahap 2 ini memang masih lambat, karena dari target 21,6 juta saat ini baru sekitar 1.564.000 yang divaksin,” kata Maxi dalam diskusi secara virtual bertajuk “Partisipasi Lansia, Tugas Bersama”, Rabu (31/3/2021). Maxi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terkonsentrasi di kota-kota besar. Namun, hal tersebut belum terlaksana di daerah-daerah kecamatan.

Oleh sebab itu, ia mendorong komitmen pemerintah daerah untuk membantu memberikan akses vaksinasi Covid-19 bagi lansia. “Saya kira ini persoalan pada bagaimana komitmen daripada pemerintah daerah terutama untuk membantu akses lansia untuk datang ke tempat-tempat vaksinasi,” ujarnya. Tak hanya Pemerintah Daerah, Maxi mengatakan, anggota keluarga juga harus membantu para lansia agar dapat melaksanakan vaksinasi dengan baik. Ia meminta anggota keluarga tidak ragu dan khawatir dengan program vaksinasi bagi lansia. “Rasa takut (divaksin) ini bukan pada lansia sebenarnya, tapi putra putri dari orangtua itu maka perlu kita sosialisasikan vaksinasi ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Maxi meminta kerja sama semua pihak untuk menyosialisasikan aspek keamanan dan manfaat dari vaksin Covid-19. “Orang tua atau lansia harus kita lindungi dengan proteksi dapat vaksin sehingga kalau terkena Covid-19 aman. Mereka ini kalau kena diatas 50 persen fatality rate-nya,” pungkasnya. Adapun hingga Selasa (31/3/2021) jumlah lansia yang divaksin dosis pertama sebanyak 1.546.269 orang. Kemudian, sebanyak 159.823 orang sudah melaksanakan vaksinasi dosis kedua. Informasi tersebut ditayangkan www.kemkes.go.id yang dikutip Kompas.com, Selasa. Sementara itu, jumlah petugas publik yang divaksin dosis kedua sebanyak 4.858.404 orang dan sebanyak 2.119.155 orang sudah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.