Berbagi Informasi :

BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah layanan jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa memperoleh banyak manfaat.  Mengutip laman bpjs-kesehatan.go.id, layanan BPJS Kesehatan diberikan kepada seluruh masyarakat yang sudah mendaftar dan membayar iuran rutin atau yang iurannya ditanggung oleh pemerintah.

Adapun yang bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah para Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan yaitu fakir miskin dan masyarakat tak mampu, masyarakat bukan penerima bantuan yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU) dan PPU penyelenggara negara. Selain itu, ada juga peserta PPU non penyelanggara negara, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), golongan Bukan Pekerja (BP). Bukan Pekerja ini adalah orang yang iurannya tidak dibayari pemerintah, dan bukan PPU serta PBPU. Ketika sudah menjadi peserta, terkadang ada hal-hal yang terjadi yang mengharuskan ada perubahan data. Atau, dari awal Anda salah input data sehingga harus ada perubahan soal info kependudukan.

Perubahan data kependudukan Nah, berikut ini adalah alur yang bisa Anda tempuh untuk mengubah data kependudukan dalam kartu BPJS Kesehatan. Data kependudukan di sini bisa berupa NIK, nama, tanggal lahir, jenis kelamin juga alamat domisili. Untuk peserta non PBI, persyaratan untuk mengubah data kependudukan ini adalah e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan kartu identitas peserta JKN KIS.  Untuk peserta PBI, ada dokumen tambahan yaitu dokumen pengesahan dari lurah atau kepala desa.

Perubahan data bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat yang ada di sekitar domisili Anda. Atau, Anda juga bisa menyampaikan ralat atau perubahan data lewat jalur lain seperti di bawah ini:

1. Aplikasi Mobile JKN

Unduh dulu aplikasi di Google Playstore dan Appstore. Kemudian buat akun dengan menggunakan nomor kartu BPJS atau email, serta buatlah sandi kunci. Setelah memiliki akun, segera login dan pilihlah fitur ubah data. Masukkan data-data baru yang ada, kemudian simpan.

2. BPJS Kesehatan care center

Hubungan care center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Kemudian sampaikan perubahan data yang ada kepada petugas yang terhubung.

3. Mobile customer service

Jika tak memiliki aplikasi Mobile JKN dan susah menghubungi care center, Anda bisa mengubah data lewat mobile customer service atau layanan keliling BPJS Kesehatan. Anda harus mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu antrian untuk mendapatkan layanan pengubahan data.

4. Mall pelayanan publik

Untuk mengubah data, Anda juga bisa melakukannya di Mall Pelayanan Publik. Di situ, Anda juga akan diminta mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu hingga mendapatkan giliran pelayanan data.

5. Via WhatsApp (Pandawa)

Pandawa adalah kanal Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp, yaitu layanan non tatap muka yang bisa Anda gunakan untuk mengubah data administrasi BPJS Kesehatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.