Berbagi Informasi :

Minyak zaitun telah dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Minyak ini adalah konsentrat lemak yang diperoleh dari proses pemerasan buah zaitun. Dalam 100 mililiter minyak buah zaitun terkandung 844 kalori dan 100 gram lemak baik.

Minyak ini juga diperkaya oleh kandungan omega-3 dan omega-6 serta beragam vitamin lainnya.

Berikut 8 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, seperti dilansir Healthline.

1. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Diet Mediterania telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun adalah bahan utama dalam diet ini.

Minyak ini dipercaya dapat menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah, dan membantu mencegah pembekuan darah berlebih.

Minyak ini juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi faktor risiko terkuat penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi minyak zaitun mengurangi kebutuhan pengobatan tekanan darah tinggi hingga 48 persen.

2. Memerangi Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Hal ini terjadi karena penumpukan plak beta-amiloid dalam sel otak. Sebuah studi menemukan bahwa minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak tersebut.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan, diet Mediterania memberikan manfaat bagi fungsi otak.

Namun, diperlukan lagi lebih banyak penelitian tentang keterkaitan antara minyak zaitun dengan Alzheimer.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe-2

Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan penurunan risiko diabetes tipe-2. Minyak diketahui dapat menjaga kadar gula darah.

Dalam sebuah studi, diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun ditemukan dapat mengurangi risiko diabetes tipe-2 hingga 48 persen.

4. Mengobati rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan cacat dan nyeri pada persendian. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

Suplemen minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis.

Minyak ini akan lebih bermanfaat jika dikombinasikan dengan minyak ikan sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Sebuah penelitian menemukan, kombinasi antara minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan genggaman tangan, mengurangi nyeri sendi serta kekakuan pada orang dengan rheumatoid arthritis.

5. Sifat antikanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Manfaat minyak zaitun juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker.

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi risiko kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai pendorong utama kanker. Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak ampuh melawan sel kanker.

6. Sifat antibakteri

Minyak ini mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pyloru, bakteri yang menyebabkan bisul serta kanker perut.

Sebuah studi menemukan, konsumsi 30 gram minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi infeksi bakteri hingga 10-40 persen hanya dalam waktu dua pekan.

Selain itu, manfaat minyak zaitun juga ditemukan dalam sejumlah studi lain. Beberapa studi menemukan bahwa kemampuan minyak dalam melawan delapan jenis bakteri, termasuk salah satunya Helicobacter pyloru.

7. Kaya antioksidan dan antiinflamasi

Minyak ini sarat dengan antioksidan yang kuat. Antioksidan dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain itu, antioksidan juga dapat melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah. Dua manfaat ini dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun juga dipercaya dapat mengurangi peradangan. Efek antiinflamasi ini utamanya dimediasi oleh kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Adalah oleocanthal-yang terkandung dalam minyak zaitun-yang telah terbukti bekerja mirip seperti ibuprofen sebagai obat antiinflamasi. Beberapa ilmuwan memprediksi, oleachantal dalam 3 sendok minyak zaitun sama dengan 10 persen dosis dewasa ibuprofen.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asal oleam-asam lemak utama pada minyak-dapat mengurangi kadar penanda inflamasi seperti C-reactive protein (CRP).

8. Mencegah stroke

Stroke disebabkan oleh adanya gangguan dalam aliran darah ke otak. Pada negara maju, stroke menjadi penyebab kematian paling umum kedua setelah jantung.

Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara luas. Sebuah analisis menemukan manfaat minyak zaitun pada risiko stroke. Sumber lemak tak jenuh dalam minyak ditemukan dapat mengurangi risiko stroke dan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.