Berbagi Informasi :


Layanan BPJS Kesehatan ternyata tak hanya bisa digunakan untuk rawat jalan, namun juga untuk pasien rawat inap penyakit ringan hingga berat. Bahkan untuk layanan rawat inap ini, memang bisa dipakai tanpa rujukan.

Tetapi, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Lalu, apa saja itu?

Mengutip berbagai sumber, layanan ini diperuntukkan bagi pasien gawat darurat yang langsung datang ke unit UDG atau IGD rumah sakit terdekat. Ini juga berlaku jika pasien berada di luar kota/provinsi.

Adapun dokumen yang harus dibawa:

1.Kartu BPJS asli dan fotocopy

2. KK yang difotocopy

3.Fotocopy KTP.

Pasien datang ke UGD atau IGD nantinya akan mendapatkan berkas pemeriksaan yang sesuai dengan kondisi pasien. Di antaranya adalah resep obat, dan berkas pemeriksaan penunjang lainnya.

Pasien, jangan lupa melakukan registrasi dan validasi berkas IGD di BPJS center IGD. Biasanya, di IGD disediakan ruangan khusus Layanan BPJS pasien IGD untuk memudahkan peserta melakukan registrasi dan validasi berkas IGD.

Yang paling penting juga adalah membuat surat Eligibilitas peserta (SEP), di ruangan layanan BPJS yang sudah disediakan di rumah sakit. Syaratnya antara lain Fotocopy Kartu Keluarga (KK), Fotocopy KTP, Fotocopy dan Asli Kartu BPJS dan Berkas IGD.

Untuk beberapa rumah sakit surat eligibilitas pasien rawat inap khusus pasien yang datang dari pintu emergency bisa di urus di akhir setelah pasien dinyatakan sembuh. Namun ada juga diurus di awal, karena berkas harus diurus agar biaya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Terakhir, pasien akan langsung di arahkan untuk di rawat inap sesuai dengan kelas perawatan BPJS sesuai dengan iuran yang dibayarkan setiap bulannya.Semua layanan kesehatan dan pemeriksaan penunjang pasien akan ditanggung oleh BPJS kesehatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.