Berbagi Informasi :

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah daerah berstatus zona merah atau berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19 kembali bertambah. Kondisi tersebut berdasarkan data yang dicatat Satgas hingga 23 Mei 2021. “Setelah di minggu sebelumnya terjadi penurunan zona merah dan zona oranye, sangat disayangkan pada minggu ini terjadi kenaikan kembali pada zona merah. Di minggu ini terjadi kenaikan zona merah dari 7 menjadi 10 kabupaten/kota,” ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/5/2021).

Wiku lantas mengingatkan pemda di 10 kabupaten/kota tersebut, yakni Agam dan Kota Payakumbuh di Sumatera Barat, Deli Serdang di Sumatera Utara, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru di Riau, Kota Cirebon di Jawa Barat, Kota Jambi dan Tanjung Jabung Barat di Jambi. Kemudian kota Palembang di Sumatera Selatan dan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Dia meminta agar pemda setempat segera memperbaiki penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

“Mohon untuk dapat segera memperbaiki penanganan Covid-19 di wilayahnya. Karena 10 provinsi ini sudah berada di zona merah bahkan sebelum dampak periode Libur Idul Fitri terlihat,” tegas Wiku. “Dengan kondisi ini bukan tidak mungkin kabupaten kota ini akan kewalahan menghadapi kemungkinan kenaikan kasus Covid-19 yang berpotensi terjadi 2-3 Minggu kedepan,” lanjutnya.

Namun, Wiku juga mengapresiasi terjadinya penurunan daerah berstatus zona oranye atau zona risiko sedang. Daerah berstatus zona oranye turun dari 321 kabupaten/kota menjadi 302 kabupaten/kota. Kemudian, daerah berstatus zona kuning atau tingkat penularan rendah bertambah dari 177 kabupaten/kota menjadi 194 kabupaten/kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.