Berbagi Informasi :

Alpukat merupakan buah yang tumbuh di iklim hangat dan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah dengan tekstur lembut ini adalah satu-satunya buah yang menawarkan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dalam jumlah besar. Ia termasuk makanan padat nutrisi alami yang mengandung hampir 20 vitamin dan mineral penting. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, alpukat memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari Healthline, 29 Juni 2018.

1. Mengandung lemak sehat

Sebanyak 77 persen kalori di dalam alpukat berasal dari lemak sehingga alpukat merupakan makanan nabati paling berlemak.

Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun. Asam oleat dikaitkan dengan khasiat meredakan peradangan dan terbukti memiliki efek positif pada gen yang terkait dengan kanker.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Delapan penelitian terkontrol pada manusia telah menganalisis efek alpukat pada beberapa faktor risiko penyakit jantung, yakni kolesterol, trigliserida, penanda inflamasi, tekanan darah, dan lain-lain.

Studi ini menunjukkan bahwa alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol total secara signifikan. Selain itu, alpukat juga mampu menurunkan trigliserida darah hingga 20 persen dan menurunkan kolesterol jahat hingga 22 persen.

3. Meningkatkan kesehatan

secara keseluruhan Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasan mengonsumsi alpukat membuat seseorang menjadi lebih sehat. Peneliti menganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei NHANES di Amerika Serikat. Orang yang mengonsumsi alpukat ternyata jauh lebih sehat dan memiliki berat badan yang lebih stabil dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

4. Membantu penyerapan nutrisi

Beberapa nutrisi larut dalam lemak sehingga tubuh membutuhkan lemak agar nutrisi tersebut bisa memberikan manfaat. Vitamin A, D, E, dan K merupakan nutrisi yang larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid. Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan hingga 15 kali lipat.

5. Melindungi kesehatan mata

Alpukat tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan, tetapi alpukat juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Antioksidan tersebut termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat penting untuk kesehatan mata. Studi menunjukkan bahwa antioksidan ini terkait dengan penurunan risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.