Berbagi Informasi :

Saat Work form home (WFH) seringkali membuat Anda jadi ‘terlalu keras (atau semangat) bekerja. Berada di depan laptop tanpa henti sembari mengetik bisa membuat jari jadi kram dan kaku.

Tak cuma kram, terlalu lama menggunakan gawai dan telepon genggam saat bekerja di rumah atau WFH sering menimbulkan rasa kaku bahkan nyeri pada jari-jari dan tangan umumnya pada sore dan malam hari yang agak membaik pada saat bangun pagi namun kembali nyeri saat siang hari.

Jangan abaikan gejala kram dan nyeri jari tersebut. Pasalnya dalam jangka panjang, keluhan tersebut dapat meluas ke daerah lengan, bahu dan bahkan leher.

Penggunaan obat-obat penghilang nyeri bukan menjadi solusi sesungguhnya yang mana jika obat tersebut sudah tidak dikonsumsi lagi tentunya rasa nyeri tadi akan kembali muncul bahkan dalam bentuk yang lebih berat.

“Kunci untuk mencegah mencegah nyeri pada jari-jari dan tangan tersebut adalah dengan senantiasa melakukan peregangan secara berkala dan teratur,” ungkap dokter spesialis olahraga Michael Triangto, dalam pernyataannya.

“Lakukan peregangan tersebut setiap satu jam atau lebih cepat jika dirasakan sudah menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun bilamana rasa nyeri itu sudah terjadi tentunya penanganannya akan membutuhkan perhatian lebih.”

Berikut pertolongan pertam yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan nyeri ringan di jari.

1. Kompres es
Berikan kompres dingin dengan cara merendam jari di air es selama 30 menit. bila terasa terlalu dingin tangan boleh diangkat dan setelah beberapa lama kembali tangan direndam kembali di air es tadi secara berulang-ulang. Kompres es akan membantu mengurangi peradangan.

2. Peregangan
Bila rasa nyeri sudah agak berkurang, barulah dapat dilakukan peregangan pada daerah jari-jari dan tangan tersebut yang tujuannya memberikan rasa lebih nyaman pada bagian yang sebelumnya mengalami nyeri.

Berikut peregangan jari yang bisa dilakukan agar tak nyeri dan kaku selama WFH :

  1. Posisi tubuh duduk di kursi.
  2. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke atas terhadap lengan sehingga punggung tangan akan menghadap ke wajah.
  3. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri kita pada jari-jari telapak tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.
  4. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke bawah terhadap lengan sehingga telapak tangan akan menghadap ke wajah.
  5. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.
  6. Lakukan hal yang sama pada telapak tangan kiri dan tahan pula selama lima hitungan
  7. Lakukan secara bergantian pada telapak tangan kanan dan kiri masing-masing sebanyak lima kali atau yang di kenal pula sebagai lima kali repetisi
  8. Bilamana saat melakukan peregangan dirasakan ada bagian yang sakit maka peregangan tersebut harus dihentikan agar tidak memperburuk keadaan yang dialami saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.