Berbagi Informasi :

Sambiloto atau Andrographis paniculata dikenal sebagai salah satu tanaman herbal. Kenali berbagai manfaat sambiloto untuk kesehatan.

Dalam metode pengobata ayurveda, sambiloto menjadi salah satu bahan herbal yang sangat penting. Zat aktif yang disebut andrografolida di dalamnya memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Selain itu, tanaman herbal satu ini juga kaya akan senyawa antioksidan.

Berkat berbagai kandungan di atas, sambiloto kerap digunakan untuk manfaat kesehatan. Berikut manfaat sambiloto, mengutip berbagai sumber.

1. Menurunkan demam dan gejala flu

Mengutip Health Benefit Times, sambiloto telah digunakan untuk mengurangi demam yang ditimbulkan oleh flu dan malaria.

Selain itu, sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang yang dimiliki juga membuat tanaman satu ini dapat membantu meringankan gejala flu lainnya.

2. Melindungi liver

Sambiloto memiliki sifat pelindung liver yang berlimpah. Sifat ini membuat sambiloto dapat membantu membuang racun dari tubuh dan berkontribusi terhadap liver yang sehat.

Selain itu, sambiloto juga dapat membantu regenerasi sel-sel liver baru.

3. Mengatasi penyakit yang disebabkan parasit

Sambiloto membantu menghilangkan parasit seperti cacing dari tubuh. Sambiloto juga membantu menyembuhkan gejala yang disebabkan karena serangan parasit, seperti diare.

4. Mengatasi anemia

Sambiloto dapat membantu produksi darah dalam tubuh. Dengan demikian, sambiloto dapat membantu mengatasi anemia.

5. Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang umum diidap banyak orang. Sambiloto membantu mengurangi kadar gula darah dengan merangsang sel pankreas untuk mengeluarkan lebih banyak insulin.

6. Mencegah kanker

Karena kandungan antioksidannya yang kuat, sambiloto diklaim efektif untuk mencegah lesi prakanker. Utamanya, sambiloto diklaim efektif dalam kasus kanker hati.

7. Menurunkan tekanan darah

Mengutip Alo Dokter, sambiloto diketahui dapat melebarkan pembuluh darah hingga melancarkan aliran darah serta menjaga tekanan darah tetap stabil.

Namun, hati-hati bagi Anda yang sedang dalam pengobatan hipertensi. Sambiloto bida menimbulkan efek samping seperti penurunan tekanan darah yang sangat drastis.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sambiloto juga diketahui bekerja dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman ini merangsang kinerja sel-sel darah putih agar efektif melawan berbagai patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.