Berbagi Informasi :

Selain susu beruang, air kelapa hijau juga menjadi buruan sejumlah masyarakat karena diklaim mampu membantu penyembuhan Covid-19. Harganya bahkan melonjak tinggi di sejumlah daerah.

Namun, apakah benar air kelapa hijau berguna untuk mengobati Covid-19?

Dokter spesialis gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Saptawati Bardosono mengatakan bahwa air kelapa hijau bukanlah obat.

Bukan obat karena belum ada penelitian tentang berapa dosis dan kapan harus diminumnya,” kata Saptawati atau yang kerap disapa Tatik, saat dihubungi.

PILIHAN REDAKSI5 Kebiasaan yang Bikin Sakit GigiMitos Susu Beruang VS Faktanya Menurut DokterMengulik Mitos Air Kelapa Hilangkan Efek Vaksin

Tatik mengungkapkan bahwa air kelapa hijau mengandung 90 persen air dan mineral. Dia kemudian menyebut bahwa kandungan mineralnya tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi tertentu saat diminum bersama obat lain.

Oleh karena itu, Tatik pun tak menganjurkan ketika sedang mengonsumsi obat lalu dibarengi dengan minum air kelapa hijau.

“Jangan diminum bersamaan, artinya minum obat dengan air putih biasa dulu dan beri jeda sekitar satu jam atau lebih [untuk kemudian bisa konsumsi air kelapa hijau],” ujarnya.

Kendati demikian, hal ini tak berarti konsumsi air kelapa hijau sepenuhnya dilarang. Pasalnya, menurut Tatik, air kelapa hijau mengandung antioksidan dan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kadar antibodi.

“Peran antioksidan dari kandungan vitamin C-nya. Karena adanya kandungan mineral maka sebaiknya cukup satu-dua kali sehari saja,” tambahnya.

Sebagaimana dilansir Healthline, air kelapa sendiri mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium. Kesemuanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap sehat.

Selain hidrasi, minum air kelapa juga membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah. Minuman ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk diminum setelah berolahraga.

Menurut Medical News Today, air kelapa mampu menjalankan fungsi layaknya minuman olahraga dalam kemasan. Air kelapa membantu tubuh tetap terhidrasi dan menggantikan cairan tubuh dengan cepat.

Karena rendah kalori, air kelapa termasuk pilihan sehat untuk menggantikan minuman lain yang tinggi kalori seperti soda atau jus kemasan. Kandungan antioksidannya yang tinggi akan membantu tubuh menetralisir stres oksidatif.

Air kelapa tersedia dalam berbagai resep. Namun, sebaiknya minumlah air kelapa murni yang tanpa melalui proses pengolahan untuk mendapatkan nutrisi maksimal dan lupakan mitos air kelapa hilangkan efek vaksin.

Lalu, apa perbedaan air kelapa hijau dengan air kelapa muda?

“Mungkin ada beda kandungan vitamin, asam amino dan mineralnya. Kalau air kelapa muda lebih untuk nikmat diminum saja ya,” kata Tatik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.