Berbagi Informasi :

Sejumlah ibu hamil mengalami kondisi kadar hemoglobin (Hb) rendah ketika mengandung buah hatinya. Hemoglobin atau Hb adalah protein sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Hb diproduksi di sumsum tulang belakang. Tubuh manusia membutuhkan zat besi, vitamin B12, dan folat agar hemoglobinnya cukup.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil memiliki kadar Hb rendah apabila hasil pengukurannya kurang dari 11 g/L. Apabila kadar Hb antara 8-11 g/dL, ibu hamil mengalami anemia ringan. Sedangkan anemia berat terjadi bila kadar Hb ibu hamil kurang dari 8 g/dL. Kadar Hb rendah pada ibu hamil perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, dan kematian pada ibu.

Kabar baiknya, masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan mudah. Namun jangan sampai diabaikan karena berisiko fatal. Berikut penjelasan lebih lanjur penyebab Hb rendah saat hamil, tanda dan cara menaikkannya.

Penyebab Hb rendah saat hamil

Penyebab Hb rendah saat hamil bisa karena sejumlah faktor, seperti masalah produksi sel darah merah dan kondisi kesehatan ibu hamil. Melansir American Pregnancy Association, penurunan kadar hemoglobin selama kehamilan bisa disebabkan beberapa hal, antara lain:

  • Ketidakseimbangan proporsi antara plasma dan sel darah merah, terutama di trimester kedua kehamilan
  • Kekurangan zat besi, atau penyerapan zat besi tidak optimal
  • Masalah kesehatan seperti pendarahan, ulkus, atau polip

Tanda-tanda Hb rendah saat hamil

Beberapa tanda-tanda Hb rendah saat hamil yang kerap dikeluhkan di antaranya:

  • Badan lemas atau gampang lelah
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Nyeri dada
  • Kulit, bibir, dan kuku pucat
  • Tangan dan kaki dingin
  • Susah konsentrasi

Gejala Hb rendah saat hamil biasanya kerap diabaikan karena mirip masalah kehamilan lainnya. Penting bagi ibu hamil untuk mewaspadainya karena seiring berjalannya waktu, gejala ini bisa memburuk.

Cara meningkatkan Hb rendah saat hamil

  • Makan makanan kaya zat besi dan banyak mengandung vitamin C

Ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan zat besi setidaknya 30 miligram per hari. Ibu hamil bisa menambahkan beberapa makanan kaya zat besi, seperti daging merah, ayam, hati sapi, brokoli, kangkung, tahu, tempe, sampai kacang merah. Selain itu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi asupan kaya vitamin C. Zat gizi ini penting untuk membantu penyerapan zat besi. Beberapa asupan tinggi vitamin C di antaranya jeruk stroberi, buah kiwi, tomat, paprika, pepaya, dan jambu.

  • Minum suplemen zat besi

Konsultasikan ke dokter untuk meresepkan suplemen zat besi atau vitamin khusus selama kehamilan. Saat minum suplemen zat besi, hindari susu, keju, yoghurt, telur, kopi, dan teh satu jam sebelum dan dua jam setelah minum suplemen zat besi agar penyerapannya tidak terhambat. Perlu diketahui, konsumsi suplemen zat besi terkadang bisa memperburuk mual. Untuk mengantisipasinya, ibu hamil disarankan makan dalam porsi kecil tapi sering. Atau, ibu hamil juga bisa minum suplemen zat besi tepat sebelum berangkat tidur.

One thought on “Ini Penyebab Hemoglobin (Hb) Rendah saat Hamil dan Cara Menaikkannya”
  1. Mengingat cara menaikkan Hb rendah saat hamil sangat tergantung penyebabnya, penting untuk mendiskusikan solusi paling pas dengan dokter. Tags: – cara menaikkan hb rendah hb normal ibu hamil hb rendah hb rendah pada ibu hamil hb rendah saat hamil Indonesia penyebab hb rendah saat hamil riset tanda hb rendah saat hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.