Berbagi Informasi :

Apa sih Art Therapy itu ???

Seni selain dapat dinikmati, juga dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk menyalurkan emosi dan perasaan, bahkan seni juga dapat digunakan sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam terapi anak berkebutuhan khusus,  selain itu anak-anak cenderung memiliki ketertarikan pada aktivitas yang melibatkan banyak warna, hal tersebut akan menarik perhatian pada anak.

Art Therapy atau biasa disebut dengan terapi seni merupakan salah satu metode yang dapat digunakan pada anak anak dengan berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan atau keterlambatan dalam perkembangannya, seperti perkembangan fisik, emosi, , kondisi mental dan perilaku, selain itu Art Therapy juga dapat digunakan untuk melihat kemampuan masing masing anak dan menuangkan gagasan gagasan serta ide-ide yang dimiliki oleh anak. Metode ini dapat digunakan pada profesi termasuk komunitas dan rumah sakit yang berbasis seniman, psikiater, terapis okupasi, perawat, pekerja sosial dan lain-lain.

Menurut American Art Therapy Association, terapi seni dapat digunakan untuk mengelola mental dan emosional, selain itu terapi ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Terapi seni juga dapat membantu anak dalam berekspersi dan berkomunikasi. Pada anak dengan kondisi autisme terapi ini cukup efektif untuk meningatkan kualitas hidup dari anak dengan kondisi Autisme. Terapi ini juga membantu anak dengan kondisi Autisme dapat mengekpresikan perasaan yang di rasakannya. Saat anak mengekspresikan perasaanya hal tersebut juga membantu anak dalam mempelajari keterampilan perilaku dan komunikasi.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, terapi seni dapat membantu menyelesaikan masalah komunikasi pada anak autis. Pada anak dengan kondisi ADHD (Attention deficit Hiperaktif Disorder) yang ditandai dengan hiperaktif , impulsive dan kurangnya perhatian,  dengan Art Therapy anak dapat diarahkan pada aktivitas yang tepat dan bermakna, menggunakan keterampilan belajar visual dan anak mampu mengekspresikan diri.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Art Therapy dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sensori yang kuat pada anak anak yang mengalami masalah pada gangguan sensori. 

Unsur unsur terapeutik pada seni dianggap dapat mengembangkan motoric halus pada anak dan memberikan pengalaman yang berkaitan dengan bentuk, warna, tekstur untuk mempertajam indera visual dan peraba sehingga dapat membantu dalam proses perkembangan anak berkebutuhan khusus, merangsang hemisfer kanan, imajinasi dan berfikir abstrak.

Dalam penerapannya terapi seni menggunakan teknik kreatif seperti menggambar, melukis, membuat kolase, mewarnai, melalui aktivitas tersebut anak dapat mengekpresikan diri dan emosi mereka kedalam seni. Pada prinsipnya Art Therapy tidak melihat berkaitan dengan barang yang dihasilkan (End Product) melainkan tentang proses dari pembuatan seni tersebut melalui bahan bahan yang digunakan, perabaan dari bahan bahan seni dapat memberikan efek yang menenangkan.

Proses pembuatan karya seni merupakan hal yang terpenting dalam terapi seni, sehingga hal tersebut dapat memberikan efek yang teurapetik pada anak berkebutuhan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.