Berbagi Informasi :

Stok vaksin Covid-19 Sinovac mulai menipis di sejumlah wilayah di Aceh. Bahkan, ada yang sudah kosong seperti yang dialami enam Puskesmas di Kabupaten Aceh Utara. Pemerintah pusat diharapkan segera menyuplai kebutuhan dosis vaksin Covid-19.

Ia mengaku, pihaknya sudah beberapa kali menyurati Kementerian Kesehatan RI terkait penambahan vaksin. Pekan lalu, pihaknya menyampaikan permohonan penambahan 100 ribu dosis vaksin, tetapi yang tiba di Aceh hanya 37 ribu dosis. Sementara proses penyuntikan vaksin Covid-19 di Aceh pernah mencapai 48 ribu orang per hari, kata Iman.

“Stok masih ada, tapi diperkirakan dalam dua hingga tiga hari ke depan. Banyak kabupaten/kota yang hampir habis dosis vaksinnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh, Iman Murahman, dilansir dari Antara.

“Kalau daerah lain rata-rata juga sudah menipis. Kita lihat stok punya provinsi itu hanya tersisa sekitar 1.900 dosis lagi di gudang,” tambahnya.

“Kalau sekarang penyuntikan rata-rata bisa mencapai 15-20 ribu dosis per hari. Jadi kalau yang sampai hanya 37 ribu dosis, paling hanya bertahan dua atau tiga hari habis,” katanya.

“Hingga saat ini untuk cakupan vaksinasi Covid-19 di Aceh baru mencapai 16 persen dari target pemerintah sebanyak 4 juta jiwa penduduk Aceh,” tukasnya.

Jika tidak ada penambahan dosis vaksin dari pemerintah pusat dalam beberapa hari kedepan, maka sentral-sentral vaksinasi massal dan Puskemas di kabupaten/kota akan tutup pelayanan vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.