Berbagi Informasi :

Wonogiri, Jawa Tengah – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKN) dari Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), Universitas Veteran Bangun Nusantara (UNIVET) Sukoharjo membagikan masker gratis dan pemasangan poster/spanduk untuk warga Dusun Tulakan Rt.01/02, Jatinom, Sidoharjo, Wonogiri Jum’at (20/08/2021).

Masker merupakan salah satu alat pelindung diri, tujuan dalam penggunaan masker ini guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Masker diperlukan bagi setiap orang agar tidak saling menulari virus corona. Ada kesempatan tinggi penularan terjadi ketika orang sakit berinteraksi dengan orang sehat dan orang sehat berinteraksi dengan yang lain juga.

Penggunaan masker diharuskan juga terkait dengan percikan liur atau droplet. Penelitian terbaru menunjukkan batuk dan bersin dapat membuat percikan liur terlontar lebih jauh daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pembagian masker dilakukan oleh mahasiswa KKN Mandiri Desa Jatinom. Mahasiswa mendatangi masyarakat serta mensosialisasikan pentingnya penerapan Protokol Kesehatann untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 juga menjelaskan cara penggunaan masker yang tepat agar terhindar dari virus corona kepada masyarakat Dusun Tulakan.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN Mandiri UNIVET Sukoharjo, Anisah Artian M.U mengatakan, kegiatan ini  adalah salah satu Program Kerja Penunjang dari rangkaian KKN.

Kegiatan ini dilaksanakan karena dia melihat kebiasaan sebagian masyarakat sekitar yang belum bisa mentaati protokol kesehatan. Khususnya dengan cara menggunakan masker saat keluar rumah “Kurangnya sosialisasi menyebabkan warga cenderung acuh terhadap protokol kesehatan. seperti kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.” jelas Anisah, yang Merupakan Mahasiswa Semester 4 Prodi Rekam Medis.

Salah satu warga Dusun Tulakan, Desa Songbledeg, Sularsi berterima kasih dengan adanya kegiatan bagi-bagi masker dan sosialisasi pentingnya penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNIVET.

“Tentunya ini sangat membantu. Ada pembagian masker, terlebih ada edukasinya juga. Jadi masyarakat bisa lebih paham dan sadar menjaga protokol kesehatan dimasa pandemi ini.” ujarnya saat diberi masker.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Ibu Yani. Dengan diadakannya pembagian masker dan sosialisasi ini warga masyarakat bisa lebih patuh dengan protokol kesehatandan selalu menerapkan 5M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.