Berbagi Informasi :

Pracimantoro, Wonogiri – Pada hari kamis (26/08/2021) Febri Rahma Wati KKN Mahasiswi Prodi Rekam Medis Univet Bantara Sukoharjo mengikuti kegiatan rutin bulanan posyandu balita. Petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Pracimantoro  dengan dibantu kader-kader Posyandu Desa Trukan bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada balita dan ibu di Desa Trukan.

Posyandu balita merupakan jenis pelayanan kepada anak berupa kegiatan penimbangan yang dimaksudkan untuk memantau dan mengetahui pertumbuhan anak. Posyandu balita bermanfaat untuk memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, imunisasi, dan gizi dengan pemberian vitamin dan makanan tambahan.

Penimbangan secara rutin tiap bulan guna untuk pemantauan pertumbuhan  yang mungkin terjadi pada balita. Dari penimbangan yang kemudian di catat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. KMS adalah kartu yang digunakan untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat grafik pertumbuhan berat badan dan tinggi badan balita.

Kegiatan posyandu balita juga mencakup masalah upaya peningkatan gizi pada balita, sebab masih ada balita yang masuk pada golongan gizi buruk. Dengan adanya kegiatan posyandu sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita dengan melakukan edukasi kepada ibu balita tentang pemberian makanan yang banyak gizi dan vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.