Berbagi Informasi :

Pacitan, Jawa Timur – Mahasiswa  KKN Mandiri dari Program Studi D3 Rekam Medis Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, melakukan Kegiatan “GEMUK” untuk meningkatkan daya tahan tubuh kepada warga sekitar Dusun Bulu. Dari hasil pengamatan Ayu Lestari mengatakan “di lingkungan Dusun Bulu mayoritas adalah perkebunan dan perbukitan, banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga imun tubuh, seperti jahe, kunyit, daun salam, daun sirih, kencur, temulawak dan lain sebagainya”. Sehingga mahasiswa KKN mandiri berinisiatif melakukan kegiatan “GEMUK” atau gerakan minum jamu seminggu sekali.

Jamu merupakan minuman yang dibuat dari tanaman-tanaman alami atau tanaman obat keluarga. Jamu yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat menjadi upaya preventif di saat pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum usai.

Ayu Lestari, mahasiswa yang melaksanakan KKN mandiri mengatakan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan program kerja utama yang dilakukan dari rangkaian KKN mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan karena warga kurang peduli dengan tanaman-tanaman yang bisa menjaga imun tubuh, padahal saat ini banyak warga yang rentan terserang penyakit imun tubuh seperti batuk, pilek dan lain sebagainya.

“Kurangnya kepedulian dan kesadaran tentang pentingnya tanaman obat dan penjaga imun menjadikan warga sering terserang penyakit, apalagi di masa pandemi saat ini” ujar Ayu, yang merupakan mahasiswa KKN Mandiri Dusun Bulu.

Masyarakat sangat antusias dan berterimakasih pada kegiatan tersebut. “Selain menjaga imun tubuh, kami juga menjadi sadar pentingnya tanaman-tanaman tersebut untuk membuat jamu sendiri  dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar” Ujar Purwanti, salah satu warga Dusun Bulu. Kegiatan “GEMUK” ini dilakukan oleh mahasiswa KKN setiap seminggu sekali dengan cara membagikan jamu ke setiap rumah-rumah warga. Kesempatan ini juga dirasa sangat bermanfaat selain menjadi kebiaasaan pembuatnnyapun sangat praktis bisa dibuat sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.