Berbagi Informasi :

Minggu, 12 September 2021 – Seluruh Prodi Sarjana Terapan RMIK/ MIK anggota APTIRMIKI mengikuti kegiatan Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Secara Daring di rumah/ tempat masing-masing dan langsung dimonitor oleh Panitia Pusat melalui Zoom Meeting. Ujian pada Hari ini dimulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Try out ini diselenggarakan oleh Asosisasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI), dan diikuti oleh Seluruh program studi Sarjana Terapan RMIK/ MIK yang menjadi anggota APTIRMIKI. Try Out UKOM dilaksanakan dengan System Computer Based Test (CBT) dengan jumlah 180 butir soal dalam 180 menit. Try Out UKOM ini diikuti oleh 340 Peserta dari Institusi Pendidikan Penyelenggara Prodi Sarjana Terapan RMIK/ MIK.

Try Out UKOM kali ini sangat berbeda dengan TOUKOM sebelumnya, karena menggunakan format full Daring dan ujian dapat dilakukan di rumah atau tempat masing-masing peserta, yang dirasa representatif dan kondusif, selama proses TOUKOM berlangsung.

Sebelum TOUKOM berlangsung, panitia berkoordinasi dengan program studi, untuk memastikan bahwa Sistem untuk mengerjakan soal (SEB TOUKOM) , sudah berhasil diinstall di Laptop atau PC masing-masing peserta, sert dapat dioperasikan dengan baik.

Kegiatan ini, diawali dengan sesi pembekalan pada H-1 sebelum TOUKOM dilaksanakan, untuk memastikan kesiapan peserta dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul pada tiap peserta.

Peserta diminta untuk siap dan joint room, satu jam sebelum TOUKOM dimulai. Kegiatan diawali dengan menyampaikan instruksi dan memastikan kembali bahwa peserta sudah siap. Kemudian tiap peserta wajib memasuki room yang telah ditentukan, untuk memudahkan pengawas dalam memantau peserta saat mengerjakan soal.

Peraturan TOUKOM kali ini didesain, agar peserta tetap dapat mengerjakan soal dari rumah masing-masing, untuk mengurangi transmisi covid-19, serta tetap menjunjung tinggi nilai etika, perilaku, dan melatih kedisiplinan peserta saat mengerjakan soal UKOMNAS. Peserta wajib menyalakan kamera dan audio selama TOUKOM berlangsung, harus menunjukkan kartu ujian ,beserta identitas diri dan wajib mematuhi ketentuan atau peraturan lainnya.

Secara keseluruhan kegiatan TOUKOM pada hari pertama berjalan cukup lancar, karena adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar Panitia Pusat dengan Pengelola Program Studi. Hanya terdapat beberapa kendala seperti stabilitas jaringan, ruangan yang digunakan, dan teknis lainnya, namun secara umum kegiatan berjalan sangat baik dan tidak mempengaruhi konsentrasi mahasiswa dalam mengerjakan soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.