Berbagi Informasi :

Pemerintah kembali melakukan perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per level di Jawa-Bali. PPKM ini berlaku sampai 20 September 2021.

“Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang. Kapan PPKM level Jawa Bali diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM level ini di seluruh Jawa Bali. Melakukan evaluasi setiap minggu hingga menekan angka konfirmasi dan tidak mengulangi kejadian sama di kemudian hari,” ujar Wakil Ketua KPCPEN Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (13/09/2021).

Ini merupakan perpanjangan PPKM per level ke delapan, sejak pertama kali diberlakukan dengan istilah PPKM darurat pada periode 3-20 Juli 2021 lalu.

Pada masa PPKM periode 7 – 13 September Jawa Bali, terdapat 11 kabupaten kota dari tujuh provinsi yang menerapkan PPKM level 4. Sementara itu, 74 kabupaten kota lainnya menerapkan PPKM level 3.

Adapun 43 daerah menerapkan PPKM level 2, di mana daerah terbanyak berada di Jawa Tengah.

Sementara itu, sebanyak 23 kabupaten/kota di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua masih memberlakukan PPKM level 4 yang berlaku sejak 7 September hingga 20 September 2021.

Lantas, bagaimana perkembangan Covid-19 dalam sepekan terakhir?

Dalam sepekan terakhir, kasus positif Covid-19 menjadi 34.078 kasus. Sebelumnya pada periode 1 hingga 6 September, angka positif Covid-19 mencapai 43.632 kasus.

Sementara itu, kasus kematian dalam sepekan terakhir mencapai 2.416 orang. Pada periode 1hingga 6 September lalu, ada 3.450 warga yang meninggal akibat Covid-19.

Namun, harus diakui bahwa perkembangan kasus sembuh dalam sepekan terakhir kurang membaik. Dalam sepekan terakhir, kasus sembuh mencapai 68.064 kasus.

Pada periode satu minggu sebelumnya, kasus sembuh tercatat bisa mencapai 90.192 kasus.

Sementara, Kementerian Kesehatan mencatat pada Senin (13/9/2021) ada 2.577 kasus baru. Dengan begitu total kasus baru mencapai 4,170 juta orang di Indonesia. Jumlah kasus baru di RI konsisten menurun, dibandingkan dengan beberapa negara yang kini mengalami lonjakan kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.