Berbagi Informasi :

Bukan hanya di paru-paru atau saluran pernapasan, seseorang yang terkena COVID-19 bisa mengalami gejala di hampir seluruh bagian tubuh. Namun, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal virus Corona umumnya menginfeksi lewat saluran pernapasan.

Menurut juru bicara pemerintah untuk COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, virus SARS-CoV-2 atau virus Corona penyebab COVID-19 dapat menginfeksi reseptor yang ada di dalam tubuh. Reseptor ini terdapat di hampir seluruh organ tubuh.

“Virus SARS-CoV-2 ini bisa masuk ke hampir seluruh organ tubuh kita, karena hampir seluruh organ tubuh kita itu ada reseptornya. Jadi di mana dia menyerang yang paling hebat, dia bisa menghasilkan gejala yang muncul di situ biasanya lebih hebat,” kata dr Reisa dalam siaran sehat Kementerian Kesehatan RI.

“Mungkin awalnya kita hanya tahu kalau virus ini hanya bisa menyerang paru-paru atau saluran pernapasan, tapi ternyata hampir seluruh organ tubuh kita bisa berpengaruh terhadap virus SARS-CoV-2 ini,” jelas dr Reisa.

Maka dari itu, dr Reisa mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, banyak kerugian yang bisa ditimbulkan apabila kita terinfeksi virus Corona.

“Jadi ini yang harus kita antisipasi jangan sampai kita tertular, karena bisa berakibat fatal dari ujung kepala hingga ujung kaki kita,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.