Berbagi Informasi :

Gaya hidup vegan atau plant-based berarti menghindari konsumsi segala bentuk produk yang terbuat atau mengandung unsur hewan (animal testing). Termasuk dalam memilih makanan maupun minuman.

Meski telah bertekad kuat, yang perlu diingat, menjalani pola makan vegan sebaiknya dilakukan secara bertahap.

“Aku menjalani proses yang bertahap dan tidak bisa dilakukan secara instan. Pada praktiknya, aku juga mengalami transisi kebiasaan baru. Misalnya menjadi lebih sering ke kamar mandi ketika baru awal-awal menjalani gaya hidup vegan ini,” kata vegan Advocate dan Cruelty-Free Beauty Enthusiast, Annabella, saat BASE Talk Media secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Meski berdampak baik secara kesehatan, Annabella merasakan efek samping saat seminggu pertama mengubah pola makannya menjadi vegan. Seolah pencernaannya sedang didetoks karena jadi lebih banyak konsumsi serat, ia merasa jadi lebih sering buang gas juga buang air besar.

“Itu seminggu pertama, aku jadi lebih sering kentut dan pup,” ucapnya sambil tertawa.

Tapi, dalam waktu bersamaan, mantan kekasih YouTuber Andovi Da Lopes itu juga menyampaikan kalau dirinya juga merasakan efek terhadap kesehatannya hanya dalam hitungan minggu. Terutama pada kesehatan kulit.

Annabella mengaku, memutuskan jadi vegan sejak 2016 lalu sebagai proses dari penyembuhan jerawat di wajahnya.

“Setelah vegan seminggu, jerawat aku membaik dan bahkan gak balik lagi sampai sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, jangan pernah merasa sedang diet saat menjalani pola hidup vegan. Sebab, pada dasarnya, diet seharusnya tidak dijalankan dalam jangka waktu lama. Sedangkan vegan bisa menjadi pola makan.

Mungkin akan terasa sulit untuk menghindari segala jenis produk hewani dalam makan, oleh sebab itu Annabella menyarankan untuk menjalankannya secara bertahap.

“Aku waktu awalnya juga coba 5 hari dulu dalam seminggu. Tahun 2017, aku benar-benar komitmen untuk sepenuhnya vegan,” ucapnya.

One thought on “Ingin Beralih ke Pola Makan Vegan ?? Ini Proses yang Akan dilalui !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.