Berbagi Informasi :

Dokter spesialis anak mengingatkan orangtua pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak di 1000 hari pertama kehidupan, ini karena saluran cerna adalah otak kedua anak.

Hal ini diungkap Spesialis Anak, dr. Reza Fahlevi, SpA, dalam acara diskusi Bebemoms Comunity Day beberapa waktu lalu. Ia mengatakan di 1000 hari pertama kehidupan, perkembangan otak anak bertumbuh dengan pesat.

“Otak anak pada 1000 hari pertama pertumbuhan, atau sampai 2 tahun sejak kehamilan, itu pertumbuhan otak 70 sampai 80 persen,” ujar dr. Reza.

Bahkan menurut dr. Reza, saking pesatnya dari pertumbuhan otak anak, dari yang sangat kecil dan sedikit isinya, saat ia menginjak usia 2 tahun, ukuran otak anak sudah serupa dengan orang dewasa.

Ia menambahkan, saluran cerna sangat berperan membentuk serabut otak, yakni jaringan yang mempersatukan antara bagian satu sel otak dan sel otak lainnya.

Serabut otak inilah yang sangat mempengaruhi kemampuan analisis anak dalam mengolah informasi yang ia dapatkan.

“Jadi fungsinya kemampuan anak lebih tinggi, kemampuan anak menganalisis, dia tidak hanya tahu tapi bisa menganalisis sesuatu,” paparnya.

Sehingga melalui pencernaan yang sehat, maka perkembangan otak lebih maksimal karena nutrisi yang diberikan untuk kesehatan otak bisa dengan mudah terserap.

Tapi apabila saluran cerna anak tidak dijaga dengan baik, maka usaha orangtua memberikan nutrisi yang baik akan percuma.

“Dengan otak yang baik, anak akan jadi pintar, daya ingatnya baik, kemudian kemampuan analisis dan panca indranya akan berkembang dengan sempurna,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.