Berbagi Informasi :

Indonesia selalu memperingati Hari Kesehatan Nasional setiap 12 November ditiap tahunnya. Peringatan tersebut pertama kali dicanangkan pada tahun 1964.

Bukan tanpa alasan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) diadakan untuk mengapresiasi keberhasilan pemerintah dalam memberantas penyakit malaria di seluruh wilayah Indonesia. 

“Hari Kesehatan Nasional diperingati pada 12 November setiap tahunnya. Peringatan HKN untuk mengingat keberhasilan pemerintah memberantas malaria di seluruh Indonesia,” demikian dikutip dari cuitan akun resmi Kementerian Kesehatan, Jumat (12/11/2021). 

Penyakit malaria memang sempat menjadi wabah di seluruh wilayah Indonesia pada sekitar tahun 1950-an. 

Kemudian, tahun 1959, dibentuk Dinas Pembersihan Malaria yang pada Januari 1963 berubah namanya menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). 

Tindakan simbolis dilakukan dengan penyemprotam insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT)  oleh presiden Soekarno pada 12 november 1959 di desa Kalasan, Yogyakarta.

Lima tahun kemudian, sekitar 63 juta penduduk dinyatakan telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Karena itu pada 12 November 1964 dianggap sebagai keberhasilan pemerintah dalam pemberantasan malaria. Sekaligus diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional untuk pertama kalinya.

Tema peringatan HKN ke-57 pada 2021 bertajuk ‘Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku’. Kemenkes berharap, melalui tema tersebut bisa menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh masyarakat untuk bahu membahu menyelesaikan pandemi Covid-19 melakui penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.