Berbagi Informasi :

Dalam hal penggunaan bra ketika tidur, perempuan terbagi menjadi dua pandangan. Ada yang memilih menggunakan bra dengan alasan khawatir payudara mengendur, ada yang memilih tidak menggunakan bra karena alasan kenyamanan dan kesehatan.

Kalau begitu, apakah mengenakan bra ketika tidur akan berdampak pada kesehatan dan memengaruhi kekencangan payudara? Sebenarnya mana yang lebih baik untuk kesehatan?

“Payudara yang mengendur merupakan fakta yang tak bisa dihindari para wanita semakin ia bertambah usia. Itu disebabkan jaringan ikat penyokong payudara kehilangan kelenturannya seiring waktu,” jawab dr Seth Rankin, pemilik London Doctors Clinic, dikutip dari Cosmopolitan.

Rankin melanjutkan bahwa terdapat faktor lain yang menyebabkan payudara mengendur. Faktor-faktor tersebut antara lain kehamilan, menyusui, genetik, merokok, kenaikan atau penurunan berat badan, dan bisa juga buah aktivitas yang berat.

Selain itu, Rankin mengaku cukup sulit untuk menentukan dampak apa yang dihasilkan ketika tidak menggunakan bra saat tidur, karena terdapat banyak faktor lain yang lebih signifikan terkait payudara mengendur.

“Coba kita lihat dari sudut pandang sains. Payudara melorot ke bawah disebabkan oleh tarikan gravitasi pada massa yang ada di payudaramu. Maka dari itu, mereka yang memiliki payudara besar akan lebih mudah melorot, karena banyaknya lemak dalam jaringan yang akan tertarik gravitasi,” jelas Rankin.

Selanjutnya, Rankin menjelaskan bahwa ketika perempuan berbaring, efek gravitasi mendorong jaringan payudara kembali ke dada. Dengan demikian, mengenakan bra ketika tidur sebenarnya tidak terlalu berdampak jika alasannya khawatir akan mengendur, karena payudara secara alamiah akan terdorong kembali ke atas.

Berdasarkan logika gravitasi tersebut, mengenakan bra atau tidak dalam posisi berbaring dalam jangka waktu yang lama mungkin bisa mencegah pengenduran payudara. Meski begitu, untuk bisa mencapai hal tersebut perempuan membutuhkan waktu berbaring lebih dari 20 jam per hari.

Di samping itu, menggunakan bra dengan ikatan yang kencang akan mengakibatkan suplai darah ke payudara dan sekitarnya menjadi terhambat. Karena di daerah payudara terdapat banyak otot, pembuluh darah, jaringan limfe, hingga saraf.

“Sama seperti sistem limfe, bra yang kencang bisa membatasi aliran limfe ke banyak kelenjar limfe di sekitar payudara dan ketiak, mengganggu fungsi vital sistem tubuh untuk membuang racun,” jelasnya lagi.

Dengan begitu, Rankin menyarankan untuk tidak menggunakan bra ketika hendak tidur. Tidak perlu khawatir payudara akan mengendur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.