Berbagi Informasi :

Isu kesehatan belakangan mendapat perhatian yang sangat besar dari semua golongan masyarakat. Asupan Vitamin D misalnya, mendadak jadi topik menarik yang banyak dicari. Tapi sebenarnya apa fungsinya? Apa saja makanan yang mengandung Vitamin D dan bisa dikonsumsi rutin?

Berikut, Anda bisa simak penjelasannya secara lebih lengkap di bagian selanjutnya.

Fungsi Vitamin D untuk Tubuh

Sebenarnya fungsi utama dari Vitamin D adalah untuk membantu tubuh meningkatkan penyerapan Kalsium, Magnesium, dan Fosfat. Namun secara umum berikut beberapa fungsi Vitamin D untuk tubuh Anda.

1. Mendukung fungsi kerja jantung dan paru-paru.

2. Mengatur kadar insulin dalam tubuh dan mencegah terjadinya diabetes.

3. Mendukung fungsi kerja bagian otak dan sistem saraf secara umum.

4. Menjaga kesehatan gigi dan tulang tubuh.

Nah Vitamin D sendiri harus dimasukkan ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan atau suplemen. Sebenarnya lebih direkomendasikan untuk makanan alami, karena vitamin yang ada di dalamnya lebih mudah terserap tubuh. Beberapa makanan yang mengandung Vitamin D antara lain :

Beberapa Jenis Ikan

Mulai dari ikan salmon, ikan sarden, ikan halibut, ikan makarel, ikan tuna, hingga ikan todak, semua memiliki kandungan Vitamin D yang cukup besar. Selain itu, ikan-ikan ini cukup mudah ditemukan di pasar atau pusat perbelanjaan, jadi aksesnya tak sulit untuk dikonsumsi secara rutin.

Bagian Kuning Telur

Sebagai makanan yang mengandung Protein cukup tinggi, telur juga bisa jadi sumber Vitamin D yang cukup besar kandungannya. Dalam satu butir kuning telur bisa mengandung hingga 40 IU Vitamin D. meski demikian, kadar ini sangat relatif pada jenis telur, ukuran telur, dan kesegaran telur.

Susu Sapi dan Kedelai

Susu sapi dan kedelai, dalam hal ini, sama-sama mengandung Vitamin D yang bisa berguna untuk tubuh. Idealnya susu sapi yang sudah diproses bisa mengandung 150 IU per 100 gram. Sedangkan untuk susu kedelai sendiri kandungannya adalah 100 IU dalam setiap gelasnya.

Keju

Produk olahan susu ini juga memiliki kandungan Vitamin D yang cukup tinggi. Dengan rasa yang lezat dan mudah dikombinasikan dengan banyak jenis makanan lain, Anda bisa mendapatkan asupan Vitamin D dengan cara yang Anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.