Berbagi Informasi :

Banyak orang mengabaikan kesehatan payudara. Padahal kesehatan payudara sangat penting untuk diperhatikan guna mencegah kanker payudara.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat, olahraga, hingga kebiasaan sadari atau memijat payudara sendiri.

Konsultan Ginekolog dan Ahli Obstetri dari Rumah Sakit Wickhardt Mumbai Central, Dr. Gandhali Deorukhar mengatakan, setidaknya ada enam kebiasaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan payudara.

1. Konsumsi Makanan Antioksidan

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral, dapat meningkatkan kesehatan payudara, serta mencegah timbulnya kanker payudara.

Menurut Dr. Gandhali, untuk mengonsumsi makanan yang satu ini, coba konsumsi anggur yang mengandung vitamin C dan K, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, antioksidan (resveratrol), serta beta-karoten.

2. Latihan Otot Dada

Melakukan olahraga setiap hari seperti yoga, dapat membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Dengan menanamkan beberapa latihan dada seperti pose kobra, papan perjalanan, push-up, itu bisa menjaga payudara tetap sehat dan kencang.

“Latihan ini dapat meningkatkan kekencangan otot dada, seperti push-up miring, tekan bengkok datar, celup dada, dan pullover band resistensi. Dengan melakukan teknik ini secara rutin, itu bisa meningkatkan kesehatan payudara,” ungkapnya dilansir Healthshots.

3. Pijat Payudara di Sekitar Areola

Aerola merupakan kulit berwarna gelap yang ada di sekitar puting payudara. Dr. Gandhali Deorukhar mengatakan, untuk meningkatkan kesehatan payudara, lakukan pijatan dengan spons khusus, sarung tangan, hingga es batu yang dibungkus dengan handuk katun.

Untuk memijat payudara agar puting terhidrasi, disarankan gunakan minyak untuk melembapkan, seperti minyak almond, kelapa, minyak zaitun, dan minyak fenugreek.

4. Lakukan Pijat Limfatik di Sekitar Jaringan Payudara

Berbeda dengan pijat payudara biasa, pijat limfatik dilakukan dengan gerakan yang sedikit menekan, yang kemudian payudara dilepaskan secara perlahan.

Teknik ini dilakukan agar payudara kembali ke posisi semula. Untuk melakukan pemijatan ini, sangat mudah dipelajari dan bermanfaat untuk kesehatan payudara Anda.

5. Perhatikan Ukuran Bra

Banyak wanita di seluruh dunia masih memakai ukuran bra yang salah. Sehingga menyebabkan payudara menjadi kendor. Maka dari itu, sangat penting untuk memakai bra dengan ukuran yang benar, agar payudara tetap kencang dan juga bugar.

6. Konsumsi Suplemen Vitamin D dan E

Dr. Gandhali mengatakan, mengonsumsi suplemen vitamin D dan E sangatlah penting untuk kesehatan payudara. Banyak penelitian mengatakan, seorang dengan kadar vitamin D yang rendah sangat berisiko mengalami kanker payudara.

Karena itu, vitamin D memainkan peran utama dalam mengendalikan pertumbuhan sel payudara normal. Sementara itu, vitamin E juga dapat meredakan nyeri payudara, terutama selama mengalami siklus menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.