Berbagi Informasi :

Menurunnya kondisi kesehatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, tak terkecuali di tempat kerja. Bahkan sakit yang disebabkan akibat risiko kerja sangat mungkin terjadi.

Oleh sebab itu, jaminan kesehatan saja tidak cukup untuk menanggulangi masalah kesehatan pekerja. Tetapi, fasilitas layanan kesehatan juga harus tersedia di tempat kerja.

Hal itu diungkap oleh dr. Achda Ferdians, MKK, selaku dokter kesehatan kerja di Gedung Menara Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Ia pun menyebutkan beberapa layanan fasilitas kesehatan yang wajib tersedia dia tempat kerja, ternasuk gedung-gedung perkantoran.

“Minimal ada satu dokter yang standby di tempat kerja. Misal satu dokter di satu lantai gedung atau dalam satu perusahaan,” kata dokter Achda Ferdians saat ditemui Suara.com¬†dalam rangka Peresmian Pembukaan Klinik Occupational Health Service Centre (Pusat Pelayanan Kesehatan Kerja) Menara Mandiri belum lama ini di Jakarta.

Bahkan, sambungnya, perusahaan yang memiliki karyawan di atas 1000 orang itu seharusnya ada satu dokter yang menjaga setiap hari.

Kemudian ditambahkan dengan fasilitas pelengkap yaitu tenaga P3K. Penempatan tenaga P3K ini berpengaruh pada pemberian pertolongan pertama bagi karyawan yang mengalami masalah kesehatan serius dan harus ditangani segera.

Selain itu, klinik kesehatan juga diperlukan di setiap area kerja. Saat ini, hal itu belum banyak disadari oleh gedung-gedung perktoran di Jakarta.

“Penting juga tersedia klinik sebagai layanan kesehatan di tempat kerja dalam suatu perusahaan. Tidak harus berupa klinik yang dimiliki sendiri oleh perusahaan. Tapi bisa saja berupa klinik yang dibentuk di luar perusahaan atau outsourching,” tutupnya.

*Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.