Berbagi Informasi :

Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menyatakan akan melanjutkan program Kementerian Kesehatan dalam menurunkan angka stunting. Masalah stunting merupakan fokus utama dari Presiden Joko Widodo untuk Terawan dalam mengemban tugas sebagai Menkes yang baru.

Terawan mengatakan akan melakukan percepatan program penurunan stunting.

“Yang pertama, ya mengikuti apa yang jadi program Ibu (Nila F Moeloek, Menkes sebelumnya), kemudian kita lakukan percepatan,” kata Terawan usai serah terima jabatan di Kemenkes.

Stunting merupakan kondisi anak mengalami infeksi kronis dan malnutrisi. Akibatnya, anak memiliki tubuh pendek serta fungsi kognitif dan kecerdasan yang berkurang. Alhasil, rentan pada berbagai penyakit dan kualitas hidup menurun saat dewasa.

Menurut Terawan, program stunting sebelumnya terbukti dapat menurunkan angka stunting hampir 10 persen. Hasil Riskesdas 2013 menunjukkan angka stunting mencapai 37,2 persen. Pada 2018, prevalensi stunting menurun menjadi 30,8 persen dan pada 2019 menjadi 27,6 persen. Penurunan stunting ini dilakukan dengan program 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Menjadi Menkes, Terawan ditargetkan untuk menurunkan stunting menjadi di bawah 20 persen pada 2024. Terawan juga menyebut akan terdapat beberapa inovasi untuk menyelesaikan persoalan kesehatan di Indonesia.

Selain stunting, Terawan juga mendapat tugas menyelesaikan karut marut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Terawan menyebut akan bertemu dengan pimpinan BPJS Kesehatan untuk mengetahui akar permasalahan dan mencari solusi yang tepat.

“Langkah pertama, saya akan menemui kepala BPJS. Nanti, dibicarakan apa solusinya, kan harus satu per satu,” tutur Terawan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.