Berbagi Informasi :

Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan tambahan 7 pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 pada Rabu (11/3/2020).  Dengan bertambahnya kasus baru tersebut, total kasus virus corona Covid-19 di Indonesia menjadi berjumlah 34 orang. Sebelumnya, salah satu pasien positif virus corona di Indonesia juga dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (11/3/2020). 

Pasien meninggal merupakan seorang perempuan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun. Ia adalah pasien pada kasus 25.  Menurut Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, pasien tersebut masuk ke rumah sakit dalam keadaan sakit berat. Ia diketahui memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan paru obstruksi menahun.

Sementara, untuk 7 pasien baru yang diumumkan, seluruhnya disebut sebagai imported case. Kasus ini menambah daftar virus corona yang merupakan imported  case  di Indonesia. Dengan 7 pasien baru tersebut, total imported case menjadi 19 kasus. Melansir dari berbagai pemberitaan Kompas.com, berikut adalah rincian dari kasus imported case virus corona di Indonesia per Rabu (11/3/2020) malam.

Kasus 7 Pasien merupakan perempuan 59 tahun. Ia merupakan WNI yang baru kembali dari luar negeri dan beberapa saat menunjukkan gejala virus corona.  Kasus 9 Pasien merupakan WNI, perempuan berusia 55 tahun. Ia bukan bagian dari klaster mana pun dan diketahui datang dari luar negeri. Kasus 14 Pasien merupakan laki-laki berkebangsaan Indonesia berusia 50 tahun dengan kondisi gambaran sakit ringan-sedang. Kasus 15 Pasien merupakan perempuan berusia 43 tahun dan berkebangsaan Indonesia.  Kasus 17 Pasien merupakan laki-laki berusia 56 tahun berkebangsaan Indonesia. Kasus 18 Pasien merupakan laki-laki berusia 50 tahun dan merupakan WNI. Kasus 19 Pasien merupakan laki-laki berkebangsaan Indonesia berusia 40 tahun. 

Kasus 22 Pasien merupakan seorang perempuan berusia 36 tahun. Ia adalah seorang WNI. Kasus 23 Pasien merupakan seorang perempuan berusia 73 tahun dengan kondisi menggunakan ventilator karena faktor komorbid cukup banyak kondisi stabil. Kasus 24 Pasien merupakan seorang laki-laki berusia 46 tahun dan merupakan warga negara Indonesia. Kasus 25 Pasien merupakan seorang perempuan berusia 53 tahun dan merupakan warga negara asing. Ia dilaporkan berada dalam kondisi stabil. 

Kasus 26 Pasien merupakan seorang laki-laki berusia 46 tahun dan merupakan warga negara asing. Ia diketahui berada dalam kondisi stabil.  Kasus 28 Pasien merupakan laki-laki berusia 37 tahun. Kondisinya saat ini adalah sakit ringan sedang. Kasus 29 Pasien merupakan laki-laki berusia 51 tahun dengan kondisi nampak sakit sedang dan tidak mengalami sesak. Kasus 30 Pasien merupakan laki-laki berusia 84 tahun dengan kondisi nampak sakit sedang.

Pasien merupakan perempuan berusia 48 tahun dengan kondisi nampak sakit ringan sedang. Kasus 32 Pasien merupakan laki-laki berusia 45 tahun dengan kondisi sakit ringan sedang. Kasus 33 Pasien merupakan laki-laki berusia 29 tahun dengan kondisi nampak sakit ringan sedang.  Kasus 34 Pasien merupakan laki-laki berusia 42 tahun dengan kondisi nampak sakit ringan sedang.

Dari seluruh kasus yang telah dikonfirmasi di Indonesia, 1 kasus penularan diduga terjadi secara local transmission atau penularan secara lokal. Sementara, pada 14 kasus lainnya, penularan diketahui terjadi di klaster Jakarta.  Dua pasien sembuh  Dari seluruh kasus yang telah dikonfirmasi, dua telah dinyatakan sembuh, yaitu pasien 6 dan pasien 14.  Menurut Yuri, tim medis telah memeriksa spesimen kedua pasien sebanyak dua kali dan tes di laboratorium menunjukkan keduanya negatif Covid-19. Pasien 6 merupakan warga negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki. Ia berusia 36 tahun dan dinyatakan positif seusai pulang dari Jepang. Pasien ini merupakan salah satu kru kapal Diamond Princess. Sementara, pasien 14 merupakan WNI berjenis kelamin laki-laki berusia 50 tahun.  Pasien ini juga tergolong  imported case atau diduga kuat tertular virus corona setelah pulang dari luar negeri.  Kedua pasien diperbolehkan pulang dari rumah sakit per Rabu ini. Namun, keduanya diimbau untuk melakukan isolasi diri di rumah selama 14 hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.