Berbagi Informasi :

Dalam 1 bulan terakhir, perkembangan virus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan.Hal ini ditandai dengan angka positif Covid-19 yang terus meningkat setiap harinya, bahkan per tanggal 24 Maret 2020 angka positif Covid-19 mencapai 686 orang dengan angka kematian sebanyak 55 orang.

Di Kabupaten Pacitan memang belum ditemukan kasus positif Covid-19, namun perlu diwaspadai terjadinya peningkatan ODR (Orang Dalam Resiko), ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) yang mengalami kenaikan signifikan.

Pertanggal 24 Maret 2020 angka ODR di Kab.Pacitan mencapai 735 orang, ODP 89 orang dan PDP sebanyak 2 orang. Angka ODR dan ODP mengalami peningkatan disebabkan masih banyaknya masyarakat yang masuk dan keluar dari Pacitan menuju daerah terpapar COVID-19, selain itu masyarakat masih banyak yang melakukan pertemuan dan pergi ke tempat-tempat umum.

Puskesmas Ketrowonojoyo sebagai salah satu unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan juga perlu mewaspadai peningkatan jumlah ODR, ODP dan PDP, karena jumlah ODR di Kec.Kebonagung mencapai 43 orang, ODP 3 orang dan PDP 1 orang ( per tanggal 24 Maret2020).

Hal ini diperkirakan masih akan mengalami peningkatan lagi karena sudah mendekati Ramadhan dan Idul Fitri dimana masyarakat Pacitan yang dalam perantauan akan pulang ke kampung halaman masing-masing.

Pentingnya penanganan yang benar dalam Pencegahan meluasnya virus COvid-19 ini dirasa sangat penting sampai ke tingkat Puskesmas. Masyarakat sebagai obyek penanganan perlu diberi himbauan agar bisa mencegah penularan.

Siaran Keliling dirasa sebagai kegiatan yang efektif bisa dilakukan karena penyuluhan kepada masyarakat sangat diperlukan agar masyarakat memahami apa yang dihimbau oleh petugas kesehatan. Dengan tidak bisa mengumpulkannya masyarakat pada suatu pertemuan / penyuluhan maka siaran keliling adalah solusi penyampaian informasi kepada masyarakat. Karenanya Puskesmas Ketrowonojoyo yang terletak di Kecamatan Kebonagung dan membawahi 7 desa  di wilayah kerjanya melakukan kegiatan ini di semua desa di wilayah kerjanya dengan dibantu unsur Kepolisian, Unsur TNI dan Pemerintah masing- masing desa.

Hal-hal yang dihinbaukan kepada masyarakat dalam siaran keliling ini antara lain himbauan untuk selalu diam di rumah, menghindari pertemuan-pertemuan dan kegiatan lain yang mengumpulkan masyarakat, mejaga jarak aman kalua harus terpaksa bertemu dengan banyak orang, selau menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan makanan sehat dan bergizi, dan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Selain Siaran Keliling Puskesmas Ketrowonojoyo juga melakukan kegiatan desinfeksi, Penyelidikan Epidemiologi, dan pendekatan kepada pemangku wilayah agar ikut serta dalam pencegahan COVID-19 ini.

*Koresponden : 1) SUNARSIH, 2) YUNI WINARNI, 3) ENIK SUSILOWATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.