Berbagi Informasi :

Memastikan bahwa masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan menjalankan mekanisme untuk pencegahan virus corona (COVID-19) di desa Sepat, Masaran, Sragen.

Kepala desa Sepat  bertanggung jawab dalam semua pencegahan, penanganan dan penanggulangan virus corona (COVID-19) di desa Sepat, Masaran, Sragen. Kepala desa Sepat membagikan bantuan Bupati Sragen yaitu hand sanitizer , masker kepada masyarakat serta menghimbau agar tetap jaga kesehatan dan menyiapkan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing. Karang taruna desa Sepat membagikan hand sanitizer dan masker kepada masyarakat setempat

PROSEDUR PENCEGAHAN

  1. Kepada desa Sepat menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada dalam menghadapi virus corona (COVID-19) dan untuk tidak mudah percaya terhadap informasi selain dari instansi yang ditunjuk di pemerintah.
  2. Kepala desa Sepat menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari atau meniadakan kegiatan seremonial yang berkerumun banyak orang.
  3. Kepala desa Sepat menghimbau kepada masyarakat dalam status kewaspadaan ini untuk tidak banyak beraktifitas diluar, terutama bagi yang tidak mendesak.
  4. Kepala desa Sepat meminta koordinasi kepada masyarakat untuk melaporkan apabila ada orang baru atau penduduk setempat yang keluar masuk desa Sepat yang melakukan perjalanan dari luar Kabupaten Sragen.
  5. Kepala desa Sepat membentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Covid-19 tingkat desa Sepat  yang terdiri dari RT atau RW, karang taruna desa, dan melibatkan petugas puskemas untuk mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan cuci tangan memakai sabun, pentingnya kesadaran diri sendiri untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas, edukasi terkait virus COVID-19 dan cara pencegahan penularan virus COVID-19 serta sosialisasi melakukan disinfektan secara mandiri dirumah masing-masing secara pengeras suara masjid.

PENANGANAN DAN PENANGGULANGAN

  • Memfungsikan siskampling warga untuk melaporkan apabila ada orang baru atau penduduk setempat yang keluar masuk desa Sepat yang melakukan perjalanan dari luar Kabupaten Sragen.
  • Melakukan desinfektan  untuk sanitasi sosial yang disemprotkan ke rumah, sekolah, pondok (pesantren), fasilitas publik, tempat ibadah di desa Sepat.

*Koresponden : 1) Ester Kristian Pamurti, 2) Hutami Cahyaning Pramesti, 3) Nimas Galuh Trilukita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.