Berbagi Informasi :

Seratus tempat tidur (TT) di 10 ruang isolasi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair kini hampir penuh oleh pasien COVID-19. Sebelumnya, RS Unair juga pernah tak bisa menerima pasien Corona karena overload.

“Ada 10 ruangan, kapasitas sekitar 100an TT. Pasien COVID-19 hampir penuh,” kata Jubir Tim Satgas Corona RS Unair, dr Alfian Nur Rasyid SpP , Rabu (24/6/2020).

Alfian membenarkan, saat ini semua ruangan pasien COVID-19 di RSKI Unair hampir penuh. Begitu ada bed yang kosong, langsung ditempati pasien COVID-19 baru.

“Pasiennya masih banyak, saya tidak bisa menghitung karena keluar masuknya cepat sekali. Di UGD juga masih ada pasien yang belum dapat kamar,” imbuhnya.

Sampai saat ini, lanjut Alfian, frekuensi pasien COVID-19 di RS Unair masih sama seperti saat Lebaran lalu. Tepatnya saat diterapkan PSBB di Surabaya Raya.

“Dua minggu ini masa transisi new normal frekuensi pasiennya sama yang datang seperti saat Lebaran. Belum melandai tapi juga tidak ada lonjakan,” jelasnya.

Sebagai persiapan menuju new normal, RS Unair sudah membuat UGD khusus untuk pasien dengan gejala COVID-19, yang letaknya di gedung RSKI dan tidak jauh dari kamar perawatan. Artinya, gedung RS Unair dengan gedung RSKI kini memiliki UGD masing-masing yang terpisah dengan bangunan.

“Jadi sekarang benar-benar kami bedakan, yang UGD sebelumnya untuk orang sakit non-COVID-19. Yang di RSKI untuk COVID-19,” lanjutnya.

Dia juga mengimbau masyarakat terus menggunakan masker, patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19. “Karena masyarakat yang tidak patuh akan membuat penyebaran semakin luas dan kerja nakes juga akan semakin berat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.