Berbagi Informasi :

Klaten – Berdasarkan Rapat Pimpinan dengan LPPM sebagai Unit penyelenggara Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara Sukoharjo) telah disepakati bahwa kegiatan KKN di Masa Pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan dengan tema “KKN Univet Bantara Sukoharjo Peduli Covid-19”.

Di Masa Pandemi Covid-19, KKN dilaksanakan secara individu di tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19. KKN Tematik Covid-19 ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengabdikan diri di lingkungan tempat tinggalnya, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan edukasi terkait Covid-19.

Salah satu mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo melaksanakan Pelatihan penggunaan Aplikasi Kesehatan. Pelatihan ini ditujukan kepada Karang Taruna di RT02/RW07, Desa. Kwarasan, Kec. Juwiring, Kab. Klaten (3/8). Tujuan kegiatan ini agar Karang Taruna terutma masyarakat dapat memahami manfaat penggunaan Aplikasi Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19.

“Masih banyak Karang Taruna yang belum mengetahui tentang Aplikasi Kesehatan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Karang Taruna terutama masyarakat dapat mengetahui manfaat dan bisa menggunakannya dengan baik.” Ujar Dyah (Mahasiswa Program Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Univet Bantara Sukoharjo).

Beberapa program kerja yang dilakukan antara lain menempelkan poster edukasi di tempat tinggal sekitar terkait Protokol Kesehatan Covid-19 seperti Manfaat Aplikasi kesehatan, Stigma negative, serta video edukasi cara menggunakan masker dengan benar yang dibagikan melalui media social (12/8). Mahasiswa KKN juga membantu anak-anak dalam melaksanakan pembelajaran daring seacara langsung maupun online, memberikan fasilitas berupa hotspot/Wi-Fi gratis agar pembelajaran daring bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala jaringan internet.

Untuk program selanjutnya, mahasiswa KKN akan melakukan kegiatan pembagian masker gratis kepada masyarakat. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan membagikan sembako dan vitamin gratis bagi masyarakat kurang mampu. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk terus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari virus Covid-19.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Prita Devy Igiany, S.Kep., M.P.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 45 hari terhitung sejak 1 Agustus 2020 sampai 14 September 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.