Berbagi Informasi :

Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk membatasi aktivitas di luar rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Dampak dari adanya pandemi COVID-19 ini tidak hanya pada sektor ekonomi atau sosial saja, namun juga menghambat pengabdian mahasiswa yakni KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang biasanya terjun langsung ke masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia namun diganti dengan pengabdian mahasiswa di daerahnya masing masing dengan mengusung tema KKN Univet Bantara Sukoharjo Peduli COVID-19. Terkait koordinasi mulai dari penerjunan, konsultasi program kerja, monitoring evaluasi, dan pelaporan juga dilaksanakan secara daring.

Dusun Jatisari Desa Belah, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur adalah salah satu lokasi KKN Peduli COVID-19 Univet Bantara ini. Dibawah bimbingan DPL Prita Devy Igiany, S.Kep., M.P.H. salah satu mahasiswa D3 Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan yang bernama Nevi Isdha Wulan Jaya menjalankan program KKN di dusun tersebut. Kegiatan KKN Univet Bantara Peduli COVID-19 ini berlangsung selama 45 hari terhitung sejak 01 Agustus sampai 14 September 2020 mendatang.

Program kerja yang dijalankan seperti edukasi dan sosialisasi mengenai COVID-19 kepada masyarakat yang akan di bagikan di lingkungan Dusun Jatisari. Program tersebut yakni membagikan poster dan video animasi mengenai COVID-19 di media massa secara online melalui Whatsapp group. Sosialisasi juga dilakukan secara langsung dengan menempelkan beberapa poster edukasi di pos kamling, warung makan, dan rumah warga. Selain itu program kerja lainnya yaitu edukasi cara mencuci tangan yang baik, pentingnya penggunaan masker yang ditujukan kepada anak-anak SD, dan juga pembagian APD berupa disinfektan ke beberapa rumah warga. Adapun program kerja penunjang diantaranya adalah membantu penanaman bawang merah bersama ibu-ibu rumah tangga guna mendukung ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19 dan juga membantu penyemprotan disinfektan di beberapa pos kamling dan lingkungan rumah warga.

Dari adanya kegiatan KKN ini diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi masyarakat RT 03/RW 04 Dusun Jatisari tentang pentingnya pemahaman mengenai COVID-19, pencegahan untuk mengurangi penyebaran virus, serta pencegahan berita hoaks terkait COVID-19 di tengah pandemi virus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.