Berbagi Informasi :

Beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sempat menyinggung soal sertifikat vaksin COVID-19 dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI. Sertifikat tersebut rencananya akan dijadikan sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan, tanpa menunjukkan bukti tes COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa sertifikasi vaksinasi COVID-19 jadi syarat perjalanan itu masih wacana.

“Sampai dengan saat ini, hal tersebut masih merupakan wacana,” jawab Prof Wiku dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (18/3/2021).

“Pada prinsipnya, masih harus dilakukan studi tentang efektivitas vaksin dalam menciptakan kekebalan individu pada mereka yang telah divaksinasi,” jelasnya.

Menurut Prof Wiku, jika sertifikat vaksin COVID-19 itu dikeluarkan tanpa adanya studi yang jelas, penularan virus dari orang yang memilikinya akan terus berlanjut selama melakukan perjalanan.

“Apabila sertifikasi tersebut dikeluarkan tanpa adanya studi yang membuktikan bahwa kekebalan individu telah tercipta, maka pemegang sertifikat tersebut memiliki potensi tertular atau menularkan virus covid-19 selama melakukan perjalanan,” pungkasnya.

Perlu diketahui setelah divaksin COVID-19 kekebalan tubuh tidak bisa langsung segera terbentuk. Hal itu membuat orang yang sudah divaksin masih berisiko terpapar dan tertular virus Corona.

“Kita perlu pahami meskipun kita sudah divaksinasi COVID kita masih memiliki risiko untuk terpapar dan tertular virus COVID-19,” kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, pasca menerima vaksin COVID-19 protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan baik agar tetap terjaga dari ancaman virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.