Berbagi Informasi :

Hari Perawat Internasional diperingati setiap tanggal 12 Mei. Hari ini dibuat untuk memberikan penghormatan kepada semua perawat di seluruh dunia dan pekerjaan luar biasa yang mereka lakukan. Perawat memiliki peran yang sangat bervariasi dan bertanggung jawab atas sejumlah hal yang berbeda di tempat kerja, misalnya menulis rencana perawatan untuk pasien, membantu evaluasi dan tes, mengatur transfusi darah dan infus, memberikan obat dan suntikan, serta mengamati dan mencatat kondisi pasien.

Sejarah Hari Perawat Internasional dimulai pada tahun 1953, ketika Dorothy Sutherland, seorang pejabat di Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan AS, menghubungi Presiden Dwight D. Eisenhower untuk mengusulkan agar dia mengumumkan “Hari Perawat”. Dilansir Days of The Year, kala itu presiden tak langsung menyetujui usulan Dorothy Sutherland. Namun, Dewan Perawat Internasional (International Council of Nurses/ICN) telah merayakan Hari Perawat sejak 12 Mei 1965. 12 Mei adalah tanggal penting bagi semua perawat, karena ini adalah hari jadi kelahiran Florence Nightingale, yang dianggap sebagai pendiri keperawatan modern. Pada Januari 1974, 12 Mei akhirnya resmi dijadikan Hari Perawat Internasional. Setiap tahun sejak itu, ICN mempersiapkan dan mendistribusikan sesuatu yang disebut Kit Hari Perawat Internasional yang berisi materi pendidikan dan informasi publik, untuk digunakan oleh perawat di mana saja.

Tema Hari Perawat Internasional 2021

Dewan Perawat Internasional (ICN) mengumumkan tema Hari Perawat Internasional 2021 adalah “Suara untuk Memimpin”. Sub-tema tahun 2021 adalah “Visi untuk Perawatan Kesehatan Masa Depan”. “Pandemi COVID-19 global ini telah menunjukkan kepada dunia peran penting perawat dalam menjaga kesehatan seseorang,” kata Annette Kennedy, Presiden ICN, melalui laman resminya. “Meskipun ada gangguan yang signifikan terhadap perawatan kesehatan, ada juga inovasi signifikan yang meningkatkan akses ke perawatan.

Pada tahun 2021, kami akan fokus pada perubahan dan inovasi dalam keperawatan dan bagaimana hal ini pada akhirnya akan membentuk masa depan perawatan kesehatan.” Tema IND2021 mencerminkan dampak COVID-19 pada sistem kesehatan dan profesi keperawatan dan bagaimana dampaknya di masa depan.

Perawat, sebagai profesi perawatan kesehatan terbesar, harus memainkan peran integral dalam merencanakan masa depan perawatan kesehatan. Setiap tahun, ICN memproduksi banyak informasi pada publik untuk mendukung perawat. Informasi tersebut termasuk laporan, studi kasus, poster, video, wawancara, serta spanduk dan logo media sosial. Hari Perawat Internasional dirayakan di seluruh dunia setiap 12 Mei, hari jadi kelahiran Florence Nightingale. ICN memperingati hari penting ini setiap tahun dengan memilih tema dan memproduksi informasi penting terkait keperawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.